5 Makanan yang Bikin Darah Tinggi Makin Parah, Segera Hindari!

  Sabtu, 23 Januari 2021   M. Naufal Hafizh
Permen, salah satu makanan yang harus dihindari penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi karena memicu serangan jantung dan stroke. (Pixabay)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Jika tidak diatasi darah tinggi bisa menyebabkan seseorang mengalami masalah jantung maupun stroke. Karena itu pola makan harus diperhatikan karena ada 5 makanan yang membuat masalah darah tinggi atau hipertensi semakin parah.

Dilansir melalui HHDResearch.org, di Amerika Serikat (AS) saja ada sekitar 75 juta orang mengidap tekanan darah tinggi, namun mereka tidak mengetahuinya. Meski menakutkan, tekanan darah tinggi sebenarnya bisa dikelola dengan perubahan pola makan dan gaya hidup sehat.

Orang yang terdiagnosis hipertensi janganlah berputus asa. Ada banyak cara untuk bisa melawan penyakit yang satu ini, salah satunya menjaga pola makan. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa dihindari.

5 Kebiasaan yang Tingkatkan Tekanan Darah Tinggi, Sering Dilakukan?

6 Buah Penurun Darah Tinggi yang Perlu Dikonsumsi

4 Jenis Makanan Pantangan bagi Penderita Darah Tinggi

 
  • Garam dan Gula

Garam dan gula menjadi faktor utama penyebab hipertensi. Duo penyedap ini bukan tak boleh dimakan, hanya saja jumlahnya harus dikurangi. Secara umum mereka yang sehat tidak boleh mengonsumsi lebih dari 2300 miligram sodium per hari.

Kemudian gula, tubuh memang memerlukannya. Namun sumber gula yang paling disarankan, yakni dari buah-buahan. The American Heart Association merekomendasikan asupan gula tambahan tidak lebih dari 37,5 gram atau sembilan sendok teh bagi pria, dan 25 gram atau enam sendok teh untuk wanita per harinya.

  • Sayuran Kaleng

Sayuran kaleng khususnya kacang-kacangan tinggi sodium. Jumlah sodium menjadi tinggi karena digunakan untuk memperpanjang usia kacang. Sebaiknya, belilah kacang yang dijual kering kemudian dimasak sehingga jauh lebih sehat.

Menambahkan kacang ke dalam makanan juga disarankan untuk menjaga kadar gula dalam darah. Apabila terpaksa harus mengonsumsi kacang kaleng, bilas kacang terlebih dahulu sehingga 41 persen kadar sodiumnya bisa berkurang.

5 Kebiasaan Sederhana Ini Bikin Panjang Umur, Rutin Dilakukan?

Segera Hentikan, 6 Kebiasaan Ini Jadi Penyebab Ginjal Rusak!

Dijual Bebas, Obat dan Suplemen Ini Bisa Rusak Ginjal, Hati-hati!

 
  • Makanan Olahan Daging

Makanan olahan daging, seperti sosis atau bacon juga bergantung pada sodium untuk membuatnya tahan lama. Sejauh ini, daging merah sering dianggap berbahaya daripada unggas.

Padahal unggas yang dikemas di supermarket juga mengandung banyak sodium. Sebaiknya beli daging segar langsung di tukang daging karena belum dimasukkan ke dalam tong besar berisi sodium.

  • Makanan Beku

Makanan beku sudah dimasak satu tahun sebelumnya sebelum dikemas? Sejumlah garam dipakai untuk memastikan rasanya. Beberapa merek makanan beku memang menggunakan resep sodium rendah berkualitas tinggi namun itu membuat harganya menjadi lebih mahal. Agar lebih aman, masaklah sendiri makanan favorit Anda dan bekukan.

  • Permen

Bagi penderita hipertensi sebaiknya menghindari permen. Selain menggunakan pemanis buatan, permen juga berbahaya bagi kesehatan gigi. Sebaiknya carilah jenis manisan alami yang bisa menggantikan permen. Buah pisang bisa menjadi salah satu pilihan. Selain manis, kandungan potasiumnya bisa membantu mengendalikan tekanan darah. Apabila memang ingin sekali mengemut sesuatu, potonglah sedikit cokelat hitam.

Ingin Janin Pintar? Ibu Hamil Harus Rutin Rutin Lakukan 5 Hal Ini

Jangan Lakukan! 5 Cara Mengetahui Jenis Kelamin Bayi Ini Keliru

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar