Abu Vulkanis Gunung Raung Mengarah ke Banyuwangi

  Minggu, 24 Januari 2021   Andres Fatubun
Erupsi Gunung Raung

BANYUWANGI, AYOSURABAYA.COM -- Abu vulkanis dampak erupsi Gunung Raung terpantau mengarah wilayah Banyuwangi. Masyarakat diimbau tidak panik namun tetap waspada terhadap peningkatan aktivitas gunung berketinggian 3.332 Mdpl tersebut.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Burhan Alethea mengatakan, semburan abu vulkanis terpantau mengarah ke arah Barat Daya dan Selatan, Minggu (24/1/2021)

"Kemarin ke arah Bondowoso. Tadi (hari ini) ke arah Barat Daya dan Selatan. Kalau Banyuwangi masuknya ke daerah Desa Wonorejo, Kecamatan Kalibaru," katanya, seperti dikutip dari TIMESIndonesia.co.id media jejaring Suara.com.

Selain abu vulkanis, lanjut dia, aktivitas gempa tremor Gunung Raung juga tercatat mengalami peningkatan. Mulai pagi hingga siang hari, total gempa Tremor sebanyak 139 kali.

"Dan rentan gempa tremor sendiri antara 2-5 menit sekali," ujarnya.

Dari pengamatan PPGA Raung, petugas mencatat pola erupsi masih sama seperti sebelumnya. Meski begitu petugas akan terus melakukan evaluasi dengan melihat perkembangan terbaru.

"Kalau saat ini masih tergolong erupsi kecil, jadi kami kira masih aman," katanya.

Meski demikian, PPGA Raung mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas dalam radius 2 kilometer dari puncak atau kawah gunung.

"Selain itu juga bisa memperhatikan arahan arahan petugas yang berwenang, BPBD atau pihak kecamatan dan desa," tandasnya.

Abu vulkanis ketinggian 200-500 meter diklaim masih aman untuk penerbangan. Status Gunung Raung masih Level II Waspada.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar