Menu Sarapan Gubernur Jatim, Sederhana Tapi Sangat Menyehatkan

  Senin, 25 Januari 2021   Andres Fatubun
Unggahan menu sarapan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa. (khofifah.ip)

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa beberapa waktu lalu mengunggah foto menu sarapan yang dikirim oleh putrinya. 

Dalam unggahan di instagramnya, Khofifah menulis "Menu sarapan kiriman putri saya. Ada ubi jalar, singkong, pisang tanduk, dan telur. Semua serba direbus. Plus, wedang kacang hijau yang kaya antioksidan. Jangan lupa sarapan, bukan menumpuk harapan. Salam sehat dan bahagia selalu."

Dikutip dari alodokter.com, ubi jalar atau dikenal juga dengan ketela rambat mengandung nutrisi yang dapat membantu melawan beragam penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ubi jalar bermanfaat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Sementara singkong adalah salah satu jenis umbi-umbian yang padat nutrisi. Singkong dapat diolah menjadi berbagai macam menu makanan, camilan, hingga bahan masakan. Singkong mudah ditemukan di Indonesia, sehingga dapat menjadi pilihan makanan pengganti nasi.

AYO BACA : 7 Sarapan Murah Meriah untuk Turunkan Berat Badan

Pisang tanduk tak cuma memiliki rasa yang nikmat, namun manfaatnya pun segudang. Beragam kandungan nutrisi di dalam pisang yang sering diolah menjadi pisang rebus atau goreng ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mengontrol gula darah, mencegah anemia, hingga menjaga imunitas tubuh.

Sedangkan telur adalah salah satu sumber protein yang mudah didapat. Telur juga memiliki manfaat lain seperti sumber vitamin B, vitamin D, zinc, fosfor, zat besi, asam folat dan selenium yang mana hal ini semakin membuat telur sebagai makanan yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

Wedang atau air rebusan kacang hijau pun memiliki kandungan yang sangat diperlukan oleh tubuh. Kacang hijau termasuk ke dalam jenis kacang-kacangan yang merupakan sumber protein yang sangat baik, rendah lemak, dan mengandung banyak serat serta antioksidan. Kacang hijau juga mengandung kalsium, zat besi, zinc, kalium, fosfor, vitamin A, vitamin B, folat, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Ragam nutrisi lain yang ada dalam kacang hijau adalah mangan, selenium, magnesium, dan karbohidrat yang tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Sarapan membawa berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Meski begitu, jangan hanya sekadar kenyang. Pastikan sarapan yang Anda konsumsi mengandung berbagai macam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

AYO BACA : Piala FA: Drama 5 Gol, Manchester United Kalahkan Liverpool

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar