Makanan yang Perlu Dihindari Saat Sarapan

  Senin, 25 Januari 2021   Andres Fatubun
Ilustrasi sarapan. ( Free-Photos dari Pixabay )

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Sebelum memulai aktivitas yang padat, memang sangat disarankan untuk sarapan. Hal ini bermanfaat untuk mengisi tenaga di dalam tubuh.

Namun mengonsumsi sarapan yang salah justru bisa membuat kamu kehilangan tenaga. Bahkan bisa merasakan lebih lapar pada siang dan malam harinya.

Dilansir dari laman The Healthy, di bawah ini ada beberapa makanan yang harus dihindari saat sarapan agar badan tidak mudah lemas. Apa saja?

1. Sereal dengan serat rendah
Sereal dengan serat rendah sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat sarapan. Sereal yang memiliki kandungan karbohidrat dan gula tinggi namun seratnya rendah sehingga akan membuat kadar gula darahmu meningkat.

AYO BACA : Menu Sarapan Gubernur Jatim, Sederhana Tapi Sangat Menyehatkan

Ahli nutrisi Mitzi Dulan, RD, yang berbasis di Kansas City, menyarankan untuk memilih sereal dengan kandungan serat minimal 3 gram pada tiap penyajian. Kamu juga dapat meningkatkan asupan serat dengan menambahkan buah beri, taburan gandum atau irisan almond.

2. Smoothie siap saji
Kebanyakan smoothie yang dijual di toko-toko hanya mengandung sedikit buah dan sayuran asli dan lebih banyak gula serta sirup jagung berfruktosa tinggi.

Mengonsumsi minuman seperti ini setiap pagi dapat membuat berat badan naik secara tidak sehat. Untuk meningkatkan nutrisinya, dapat menambahkan campuran bayam atau kubis.

3. Yogurt non-fat
Yogurt non-fat akan membuat sarapanmu menjadi terlalu sedikit. Sarapan yang terlalu sedikit akan membuatmu jadi cepat lapar dan makan dengan lebih banyak setelahnya.

AYO BACA : 7 Sarapan Murah Meriah untuk Turunkan Berat Badan

Kalori yang direkomendasikan untuk sarapan pagi sekitar 250 hingga 400 kalori tergantung pada berat dan tingkat aktivitasmu.

Jadi jika kamu ingin mengonsumsi yogurt maka dapat menambahkan semangkuk kecil oatmeal dengan buah segar untuk meningkatkan energi.

4. Jus kemasan
Banyak orang mengonsumsi jus sebagai pengganti sarapan. Sebenarnya jus sangat tidak disarankan karena kandungan karbohidrat dan gula yang terkandung di dalamnya tidak seimbang dengan nutrisinya.

Selain itu jus juga tidak memiliki protein yang cukup sehingga akan membuatmu menjadi lebih lapar setelahnya. Untuk mengakalinya kamu bisa menambahkan makanan yang memiliki kandungan serat, protein dan lemak sehat.

5. Kopi
Kopi adalah salah satu yang paling populer untuk menggantikan sarapan pagi. Namun ternyata beberapa jenis kopi justru mengandung banyak karbohidrat dan gula.

Karena sering kali orang menambahkan gula atau bahan lain yang dapat meningkatkan kalori tanpa meningkatkan serat dan protein. Kafein memang dapat meningkatkan energimu, tetapi tidak akan membuatmu merasa kenyang sepanjang pagi.

AYO BACA : Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Jika Dilakukan Secara Rutin

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar