[CEK FAKTA] Ampuh Cegah Corona, Perokok Aktif Lebih Aman dari Covid-19?

  Senin, 25 Januari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Ada klaim yang menyebutkan perokok aktif lebih aman dari corona Covid-19 karena kandungan nikotin melindungi paru-paru. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Kabar bahwa nikotin pada rokok dapat mencegah virus corona Covid-19 ke paru-paru beredar di media sosial. Alasannya, nikotin pada rokok menempel di paru-paru.

Klaim itu dibagikan pengguna Facebook bernama Sudarno. Dalam unggahannya itu, Sudarno memberikan penjelasan yang dia kutip dari penelitian seorang dokter ahli mencegah kerusakan paru-paru dari Mesir bernama Dr. Prof. Ali Bolgana.

8 Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 Jika Terpaksa Keluar Rumah

Meski Tak Punya Gejala Corona Covid-19, Segera Tes Jika Alami 3 Hal Ini

Kasus Covid-19 Surabaya Didominasi Klaster Keluarga, Cegah dengan Cara Ini!

Berikut narasi dari unggahan Sudarno:

“BERUNTUNGLAH PARA PEROKOK BERAT DI DUNIA. Pentingnya merokok untuk melawan corona. Dibaca sampai selesai.

Mengunngkap fakta penelitian yang bilang merokok membunuhmu. Dan mengungkap fakta baru tentang pencegahan Virus Corona dengan asap rokok. Dilansir dari halaman peneliti paru-paru Dr. Prof. Ali bolgana dari Mesir.

Bahwa kandungan nikotin rokok menempel di paru-paru yang di mana virus yang masuk ke paru-paru lewat udara dapat terhalang karena adanya nikotin rokok tersebut. Makanya saat ini wabah virus corona yang menyerang ke negara-negara besar kebanyakan orang yang terdampak virus tersebut dan meninggal dunia dikarenakan tidak ada nikotin yang menyelimuti paru-paru mereka. Walaupun kita tahu nikotin tersebut juga merusak paru-paru tetapi dalam jangka waktu lama dan panjang, sedangkan virus corona ini merusak paru-paru kita dalam hanya beberapa hari saja, jadi pernyataan merokok ini sudah diangkat di Mesir dan sekarang penduduk Mesir sudah melakukan prakteknya dan virus corona di Mesir sudah bisa ditanggulangi karena mereka merokok sesuai anjuran Dr. Prof. Ali Bolgana seorang Dr. yang ahli dalam mencegah kerusakan paru-paru.

Pada saat ini yang kita tahu bahwa orang yang terkena virus corona adalah orang yang tidak merokok, mengapa karena di dalam paru-paru mereka tidak ada getah nikotin yang mengikat virus atau kuman yang masuk ke dalam paru-paru mereka yang menyebabkan virus tersebut bisa menggerogoti paru-paru mereka seperti virus corona ini.

Mari saling berbagi, saling mengingatkan karena 1x kamu share kamu sudah menyelamatkan Masyarakat Indonesia sebanyak 10 orang. Di terbitkan dari perusahaan buku ternama di mesir dan Halaman artikel google linknya ada di bawah ini https://www.almaany.com/ar/dict/ar-ar//”," tulisnya.

Lantas, benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran turnbackhoax.id, klaim yang menyatakan bahwa kandungan nikotin pada rokok dapat mencegah virus corona Covid-19 masuk ke paru-paru, sehingga membuat seseorang yang merokok tidak dapat terjangkit Covid-19 adalah tidak benar.

Usai Vaksinasi Covid-19, Pakar: Wajib Pakai Masker 4 Tahunan

Virus Corona Covid-19 Menyebar Lewat Makanan Kemasan, Benarkah?

4 Manfaat Lari Sore bagi Kesehatan Tubuh

Menyadur dari turnbackhoax.id, faktanya informasi tersebut dibantah oleh Ketua Pokja Masalah Rokok Perhimpunan Dokter Paru Indonesia dan dokter spesialis paru, Feni Fitriani.

Feni mengatakan, tanpa Covid-19 saja, seorang perokok sesungguhnya sudah memiliki kerusakan pada saluran napasnya.

Informasi terkait merokok dapat menghadang virus corona juga sempat beredar dan telah dilakukan pemeriksaan faktanya oleh turnbackhoax.id berjudul " Merokok Menghadang Virus Corona Masuk Ke Paru-Paru" pada 7 April 2020.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa informasi yang menyebut kandungan nikotin pada rokok dapat menghadang virus corona adalah hoaks.

Klaim tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar