Benarkah Asap Batok Kelapa Bisa Jadi Obat Covid-19? Ini Penjelasannya

  Senin, 25 Januari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Benarkah batok kelapa yang dibakar bisa menjadi obat alami corona Covid-19. (Pixabay)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Benarkah asap batok kelapa bisa jadi obat Covid-19? Hal ini seiring adanya klaim yang menyebut bahwa asap dari bakaran batok kelapa dapat dijadikan sebagai obat Covid-19.

Disebutkan juga bahwa asap batok kelapa yang bisa dijadikan obat Covid-19 adalah yang sudah dikondensasi.

Klaim tersebut disampaikan lewat sebuah unggahan di Facebook. Unggahan milik akun Facebook Eko Susianto ini juga disertai dengan video berita yang menayangkan proses pembuatan batok kelapa menjadi obat Covid-19.

Dalam unggahan akun Facebook tersebut muncul kalimat yang menyatakan bahwa asap batok kelapa bisa jadi obat Covid-19 seperti berikut:

"Apresiasi Anak Negeri"

"Asap Batok Kelapa jadi Obat Covid-19"

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id, hingga saat ini belum ada obat yang ditemukan untuk mengatasi Covid-19.

Melansir dari laman covid-19.go.id, dijelaskan bahwa sampai saat ini, belum ada obat khusus yang disarankan untuk mencegah atau mengobati penyakit yang disebabkan virus corona baru (COVID-19). Obat-obat herbal yang beredar di masyarakat hanya obat-obatan yang digunakan untuk meredakan, bukan sebagai obat yang secara langsung dapat menyembuhkan.

Mereka yang positif Covid-19 harus menerima perawatan yang tepat untuk meredakan dan mengobati gejala, dan mereka yang sakit serius harus dibawa ke rumah sakit.

Penjelasan ini didukung oleh pendapat ahli, yaitu drs Samuel P. K. Sembiring. Dalam wawancara dengan media liputan6.com, dr Samuel menjelaskan bahwa sampai saat ini obat dari Covid-19 belum ditemukan.

Dia menjelaskan bahwa klaim yang menyatakan bahwa ada pasien yang sembuh karena meminum atau mengonsumsi sesuatu, hal itu terjadi semata-mata karena daya tahan tubuh pasien.

“Covid-19 ini kan self limiting disease, atau bisa sembuh sendiri. Jadi Covid-19 bisa sembuh sendiri berkat daya tahan tubuh kita bukan karena obat-obatan herbal yang dikonsumsi,” katanya.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa klaim tentang asap batok kelapa bisa menjadi obat Covid-19 adalah klaim yang tidak benar. Konten tersebut bisa dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar