Diet Tidak Makan Malam, Bikin Cepat Kurus?

  Selasa, 26 Januari 2021   Andres Fatubun
Ada yang beranggapan tidak makan malam efektif membantu menurunkan berat badan.( Sasin Tipchai dari Pixabay )

GUBENG, AYOSURABAYA.COM -- Apa kamu sedang mempertimbangkan diet tidak makan malam agar berat badanmu cepat turun dan lebih kurus? Sebelum memutuskan untuk melakukannya, sebaiknya ketahui dulu fakta-fakta di balik diet tidak makan malam.

Sepeti disebutkan oleh alodokter.com, Efektivitas diet tidak makan malam memang masih diperdebatkan. Ada yang beranggapan bahwa cara ini efektif dalam membantu menurunkan berat badan, tetapi ada pula yang tidak.

Efektivitas Diet Tidak Makan Malam dalam Menurunkan Berat Badan
Penelitian mengenai diet tidak makan malam efektif dalam menurunkan berat badan dan membuat tubuh lebih kurus sebenarnya masih perlu diteliti kembali. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh melakukannya. Pasalnya, jika dilakukan dengan cara yang tepat, penurunan berat badan bukan suatu hal yang mustahil untuk didapat.

AYO BACA : Cara Minum Air Putih yang Dianjurkan untuk Turunkan Berat Badan

Kebiasaan makan di malam hari diketahui berkaitan dengan pola makan yang tidak sehat. Kebanyakan orang akan memilih camilan yang berkalori tinggi dan rendah nutrisi, seperti keripik kentang dan kue kering, setelah makan malam atau saat tidak bisa tidur.

Ini tentu bukan hal yang baik, karena konsumsi makanan berkalori tinggi secara berlebih dalam jangka panjang dapat membuat berat badan naik. Untuk menghindarinya, aturan diet tidak makan malam bisa jadi pilihan yang efektif.

Lalu, apa lagi yang membuat diet tidak makan malam dianggap efektif dalam menurunkan berat badan? Berikut adalah beberapa fakta yang perlu kamu tahu:

  • Makanan yang dikonsumsi setelah makan malam kemungkinan tidak dibakar secara maksimal selama kamu tidur, tidak seperti makan pagi dan makan siang yang akan dibakar saat beraktivitas.
  • Makan di malam hari bisa mengganggu tidur, terutama bagi penderita GERD, padahal kurang tidur dapat membuatmu sering lapar dan menurunkan metabolisme sehingga memicu terjadinya obesitas.
  • Tidak makan malam bisa menjadi salah satu metode diet puasa (intermittent fasting) yang juga dianggap dapat menurunkan berat badan.

AYO BACA : Jenis Jerawat di Payudara yang Perlu Diwaspadai

Namun, alasan di atas tidak bisa dijadikan acuan bahwa kamu bisa menurunkan berat badan hanya dengan tidak makan malam. Metode ini tetap harus diimbangi dengan asupan dan pengeluaran kalori yang seimbang, nutrisi yang memadai, dan olahraga yang rutin.

Menerapkan Diet Tidak Makan Malam secara Sehat
Diet tidak makan malam yang sehat sebenarnya hanya perlu menghindari makanan ringan tidak sehat yang tinggi kalori, bukan makan malam itu sendiri. Ini perlu dilakukan dengan disiplin, serta tetap memperhatikan kalori dan nutrisi yang kamu dapatkan. Dengan begitu, selain berat badan turun, tubuhmu juga menjadi lebih sehat.

Berikut ini adalah langkah yang dapat kamu lakukan dalam menerapkan diet tidak makan malam:

  • Tetapkan waktu kapan terakhir makan dan terapkan secara teratur. Usahakan untuk makan terakhir sebelum jam 7 malam atau 3 jam sebelum tidur.
  • Upayakan untuk selalu sarapan dengan makanan yang kaya akan protein, supaya dapat mengontrol nafsu makan sepanjang hari.
  • Jangan lewatkan makan siang karena bisa membuatmu kelaparan dan makan banyak di sore hari.
  • Sembunyikan atau berikan makanan ringan yang kamu miliki kepada orang lain, sehingga kamu tidak tergoda untuk memakannya.
  • Tetaplah bergerak aktif sepanjang hari.
  • Sebisa mungkin lakukan olahraga secara rutin, setidaknya 20–30 menit setiap harinya.
  • Makanlah camilan sehat (maksimal 150 kalori), seperti yoghurt, saat kamu memang sangat kelaparan di malam hari. Hindari makanan pedas dan berkafein yang membuat kamu lebih susah tidur.
  • Nutrisi dan total kalori yang masuk ke dalam tubuh berperan besar dalam penurunan berat badan, apa pun metode diet yang kamu jalani. Jika kamu tidak makan malam tetapi kalori yang masuk di siang hari tetap lebih banyak daripada yang keluar saat beraktivitas atau berolahraga, penurunan berat badan tetap akan sulit dicapai.

Yuk, lebih cermat memperhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi. Untuk memastikan kebutuhan kalori dan nutrisimu, kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter ahli gizi, sehingga kamu lebih paham bagaimana cara yang tepat untuk menurunkan berat badan.

AYO BACA : 7 Kebiasaan Buruk yang Membuat Jerawat Betah di Wajah

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar