Harus Coba! 10 Bahan Alami Ini Ampuh dan Cepat Hilangkan Bekas Jerawat

  Rabu, 27 Januari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami dengan cepat. (Joseph Mucira dari Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Sejumlah bahan alami mulai dari irisan tomat, masker putih telur, lidah buaya, jeruk nipis, hingga madu ampuh mengatasi bekas jerawat dengan relatif cepat.

Bekas jerawat bisa membuat tidak percaya diri. Bekas jerawat yang tidak diatasi juga mengganggu penampilan. Karena itu, untuk mengatasi atau menghilangkan bekas jerawat, segera cari bahan-bahan alami ini yang mudah ditemukan di sekitar kita.

7 Kebiasaan Buruk yang Membuat Jerawat Betah di Wajah

Jenis Jerawat di Payudara yang Perlu Diwaspadai

10 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

 Berikut daftar 10 bahan alami yang efektif menghilangkan bekas jerawat:

1. Kompresan es batu

Cara ini membantu mengecilkan pori-pori wajah dan mengurangi produksi sebum penyebab jerawat. Es batu juga bertindak sebagai astringent alami untuk mengecilkan pori-pori di sekitar flek hitam dan luka parut bekas jerawat, guna menyamarkan noda.

Tawarkan Pelukan Gratis, 2 Lelaki Arab Ditangkap

Sedih, Suami Istri Ini Meninggal saat Berpelukan

2. Irisan tomat

Caranya usapkan irisan tomat langsung pada area bekas luka guna menyamarkan flek-flek hitam yang tertinggal.

Tomat kaya akan vitamin A dan karoten sebagai suplai pewarna merah, tapi juga bertindak sebagai produsen antioksidan yang dapat menyembuhkan kerusakan jaringan dan mendorong pertumbuhan sel-sel baru.

3. Jus timun

Mengandung banyak air dan segar untuk diminum adalah toner yang ideal untuk wajah Anda yang dapat memperbaiki elastisitas kulit.

Efek dingin dari timun dapat meredakan peradangan, menenangkan kulit, dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat jerawat.

Cara Cepat Mengganti Nomor Telepon di WhatsApp

Daftar Nama Grup WhatsApp Lucu dan Gemas untuk Sahabat Perempuan

Cara Mudah Buat Tulisan Tebal, Miring, Terbalik, dan Bahasa Arab di WhatsApp

4. Masker putih telur

Putih telur tidak hanya lezat sebagai bahan membuat kue, tapi juga efektif dalam memperbaiki jaringan parut bekas jerawat. Aplikasikan masker putih telur merata ke seluruh wajah semalaman untuk mendapatkan hasil terbaik.

Telur mengandung protein dalam kadar tinggi yang dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat dan bekas luka.

5. Parutan kunyit

Tanaman herbal yang dikenal bumbu dapur ini memang banyak manfaatnya, termasuk telah digunakan turun temurun selama ribuan tahun di Cina sebagai produk kecantikan alami.

Kunyit, sebagai masker wajah atau dikonsumsi langsung, efektif untuk perawatan bekas luka jerawat.

Cara Menyembunyikan Foto Profil di WhatsApp, Mudah Banget!

Cara Mengubah Wallpaper WhatsApp Lebih Menarik, Cepat dan Gampang!

6. Lidah buaya

Tanaman ini paling enak dan segar diminum saat cuaca panas menerjang, tapi uniknya lidah buaya juga digunakan sebagai agen penyembuh dari tahun ke tahun. Gel lidah buaya aman untuk diaplikasikan langsung di kulit wajah dan dapat meredakan peradangan akibat jerawat.

7. Cuka apel

Bahan satu ini paling nikmat untuk membuat bahan saus sebenarnya, tapi juga bisa berfungsi sebagai toner alami yang baik untuk membersihkan bekas luka dan bekas jerawat.

Cuka adalah agen astringent kuat yang dapat menstimulasi peredaran darah ke area-area yang diperlukan untuk mempercepat proses penyembuhan dan regenerasi sel kulit.

8. Jus lemon atau jeruk nipis

Minuman paling nikmat dan menyegarkan ini bisa diaplikasikan langsung pada area kulit yang bermasalah. Biarkan hingga meresap dan bilas bersih.

Agen pemutih yang terkandung dalam jus lemon akan menyamarkan noda. Air perasan lemon juga membantu mengangkat sel kulit mati dan mendorong regenerasi sel yang akan mengembalikan elastisitas kulit.

Mau Diet? Teh Jahe Cepat Turunkan Berat Badan, Begini Cara Buatnya

7 Manfaat Minum Air Putih saat Perut Kosong, Termasuk Turunkan Berat Badan!

9. Minyak zaitun

Selain digunakan dalam masakan, minyak zaitun juga memiliki segudang manfaat di dunia kecantikan. Aplikasikan minyak zaitun ke seluruh wajah dan pijat perlahan. Zaitun kaya akan antioksidan yang dapat menghaluskan kulit dan menyamarkan flek hitam dan bekas jerawat.

10. Madu

Minuman manis dari alam ini adalah pelembap alami yang umum digunakan untuk menyembuhkan segala masalah kulit yang berkaitan dengan jerawat. Rutin minum madu atau sebagai masker wajah terbukti efektif untuk mengangkat noda membandel, demikian dilansir Hallo Sehat.

5 Manfaat Minum Teh Jahe Setiap Pagi, Termasuk Turunkan Berat Badan

Ini Jam Ngemil saat Diet agar Berat Badan Tidak Naik Lagi! 

5 Jus Untuk Mengecilkan Perut

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar