Cara Alami Atasi Asam Urat dengan Seledri, Begini Cara Mengolahnya

  Rabu, 27 Januari 2021   M. Naufal Hafizh
Seledri bisa mengatasi dan mencegah asam urat. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Seledri kaya manfaat untuk kesehatan. Selain sebagai pelengkap makanan, seledri juga bisa menjadi salah satu obat alami meredakan asam urat.

Asam urat adalah sejenis radang sendi yang hampir mirip dengan osteoartritis. Penyakit ini bisa menjadi kronis jika seseorang mengalami asam urat berulang kali dalam setahun. Akibatnya, bisa saja terjadi sejumlah komplikasi serius karena asam urat kronis, salah satunya batu ginjal.

Jangan Sepelekan, Ini Manfaat Minum Air Hangat saat Malam

Karena itu, sebelum terlambat, penderita asam urat sangat dianjurkan mengonsumsi seledri secara rutin guna menurunkan asam urat dalam tubuh.

Melansir dari thegoutkiller.com, seledri memiliki antiinflamasi yang mampu meredakan rasa sakit akibat asam urat. Sayuran ini juga memiliki kandungan tertentu yang berfungsi menghambat dan mengurangi penumpukan asam urat dalam tubuh.

Para ilmuwan telah mengidentifikasi bahwa seledri memiliki 3-n-butylphthalide (3nB) yang membuatnya cukup ampuh mengatasi asam urat dalam tubuh.

Meski Cinta, 6 Hal Ini Harus Dirahasiakan dari Pasangan, Termasuk Ngobrolin Mantan

6 Hewan Paling Setia di Dunia, Termasuk Buaya!

Kandungan tersebut terbukti mengurangi produksi asam urat sekaligus meningkatkan sirkulasi darah yang mengobati asam urat secara lebih efisian melalui ginjal.

Penggunaan daun seledri sebagai obat asam urat pun sangat mudah. Peneliti hanya menyarankan konsumsi 4-8 batang seledri segar secara rutin setiap harinya.

Seseorang bisa juga mendapat manfaat dari daun seledri ini dengan cara mengolahnya menjadi minuman jus yang dikonsumsi secara rutin.

Cara tersebut telah dipercaya mampu memaksimalkan pencegahaan dan penurunan asam urat dalam tubuh sebelum terjadinya komplikasi serius.

5 Kebiasaan yang Tingkatkan Tekanan Darah Tinggi, Sering Dilakukan?

6 Buah Penurun Darah Tinggi yang Perlu Dikonsumsi

4 Jenis Makanan Pantangan bagi Penderita Darah Tinggi

Cara Mengolah Seledri untuk Obat Alami Asam Urat

Melansir Alodokter, daun seledri bisa diolah menjadi jus, selain digunakan sebagai bahan masakan. Untuk membuat jus seledri, Anda dapat menambahkan berbagai bahan lain, seperti bayam, buah pir, atau air perasan lemon.

Membuat jus seledri sangat mudah, cukup potong kecil-kecil seledri dan bahan lain, lalu masukkan ke dalam blender. Tambahkan air perasan lemon dan es batu. Kemudian saring jus yang sudah diblender, sebelum diminum.

Ingin Diet? 7 Minuman Enak, Segar, dan Alami Ini Ampuh Usir Lemak Perut

Agar Diet Sukses, 4 Hal Ini Jangan Dimakan usai Pukul 4 Sore

Menu Diet Sehat, Rutin Sarapan 2 Telur Bisa Turunkan Berat Badan

Selain sebagai campuran jus, seledri bisa disajikan sebagai minuman segar. Masukkan daun seledri dan daun ketumbar serta gula cair ke dalam gelas. Tambahkan air perasan lemon atau soda, lalu tambahkan es batu.

Seledri juga bisa menjadi camilan sehat. Anda cukup siapkan batang seledri segar. Potong dengan ukuran sedang, lalu belah menjadi dua. Tambahkan dua sendok selai kacang pada batang seledri dan camilan seledri pun siap untuk dinikmati.

Tidak sulit memperoleh berbagai manfaat daun seledri. Selain dibuat jus seperti di atas, Anda juga dapat mengolah seledri dengan beragam cara sesuai selera.

Konsultasikan dengan dokter gizi sebelum mengonsumsi seledri, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Segera periksa ke dokter, jika Anda mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi seledri.

Daftar Sayuran yang Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Ini Dia Pemicu Rematik Asam Urat

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar