5 Makanan yang Jaga Jantung Tetap Sehat, Termasuk Anggur Merah

  Rabu, 27 Januari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Jantung memiliki peran yang sangat vital terhadap kesehatan. Jika tidak dijaga, berbagai masalah kesehatan akan muncul, salah satunya serangan jantung yang bisa menyebabkan kematian. Namun, ada sejumlah makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung, salah satunya anggur merah. (Pixabay)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Jantung memiliki peran yang sangat vital terhadap kesehatan. Jika tidak dijaga, berbagai masalah kesehatan akan muncul, salah satunya serangan jantung yang bisa menyebabkan kematian. Namun, ada sejumlah makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung, salah satunya anggur merah.

Untuk mendapatkan jantung yang sehat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, misalnya olahraga, diet sehat serta istirahat yang cukup. Selain itu, lima makanan berikut juga bisa bantu sehatkan jantung.

7 Makanan Sehat untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Bunga Pepaya dan Cara Mengolahnya

4 Gangguan Kesehatan Akibat Mengonsumsi Softdrink secara Berlebihan

1. Tanaman herba

Tanaman herba menguatkan cita rasa makanan tanpa memberikan pengaruh buruk seperti garam. Selain itu mereka juga menyehatkan jantung.

2. Salmon

Makanan terbaik untuk kesehatan jantung adalah yang kaya akan omega-3. Omega-3 merupakan lemak sehat yang dapat mengurangi risiko gangguan irama jantung dan menurunkan tekanan darah.

Senyawa tersebut juga dapat menurunkan trigliserida dan mengontrol peradangan. Bahkan The American Heart Association merekomendasikan mengonsumsi dua porsi ikan salmon atau ikan berlemak lainnya setiap minggu.

Daftar Makanan Sehat yang Murah Meriah, Cocok saat Pandemi Corona

Sering Salah, Begini 8 Cara Masak Sayur agar Gizinya Tak Rusak

3. Anggur merah

Jika kamu minum alkohol, sedikit anggur merah mungkin pilihan yang sehat untuk jantung. Resveratrol dan katekin, dua antioksidan yang terdapat dalam anggur merah, dapat melindungi dinding arteri.

Alkohol juga dapat meningkatkan HDL yaitu kolesterol baik. Namun, batasi konsumsinya karena terlalu banyak minum alkohol dapat mengganggu kesehatan jantung.

4. Kedelai hitam

Kedelai hitam yang lembut dikemas dengan nutrisi yang menyehatkan jantung. Folat, antioksidan, dan magnesium dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Sementara itu, serat membantu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah. Namun, jika kamu mendapatkannya dari produk kalengan, sebaiknya cuci dulu dengan air bersih untuk menghilangkan garam yang berlebih.

5 Kebiasaan yang Tingkatkan Tekanan Darah Tinggi, Sering Dilakukan?

6 Buah Penurun Darah Tinggi yang Perlu Dikonsumsi

4 Jenis Makanan Pantangan bagi Penderita Darah Tinggi

5. Edamame

Edamame merupakan sebutan untuk kacang kedelai di Jepang. Di dalamnya mengandung protein yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Dalam secangkir edamame mengandung serat sebanyak 8 gram yang juga menyehatkan jantung, demikian dilansir Himedik.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar