Wagub Jatim Jalani Vaksinasi Covid-19 Tahap ke-2: Efeknya Pegel-Pegel, Ngilu, Itu Wajar

  Kamis, 28 Januari 2021   Praditya Fauzi Rahman
(Humas Pemprov Jatim)

BUBUTAN, AYOSURABAYA.COM -- Vaksinasi tahap ke-2 tengah berlangsung di lingkungan Pemerintah Provinsi Jatim pada Kamis (28/1/2021). Salah satunya yang menjalani vaksinasi Covid-19 adalah Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak. 

Kepada awak media, Emil mengaku rampung menjalani observasi selama 30 menit pasca vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Kantor Gubernur Jatim. Ia merasakan beberapa hal yang pernah dialami serupa, seperti ngilu dan pegal usai disuntik jarum vaksinasi berisi cairan Sinovac tersebut. 

Emil pun mengaku lebih enjoy vaksinasi tahap kedua ini dibanding sebelumnya. Bahkan, ia merasa lebih sakit merasakan suntikan jarum tersebut dibanding sebelumnya. 

AYO BACA : 10 Nama Desa Unik di Jawa Timur, Bermakna Seram dan Vulgar

"Saya sudah selesai 30 menit observasi, dan dianggap baik-baik saja. Kemarin (vaksinasi tahap pertama) nggak kerasa, tadi agak kerasa sedikit. Efeknya, sekarang pegel-pegel, ngilu. Itu wajar," ujar Emil kepada awak media, Kamis (28/1/2021) 

Emil menuturkan, setelah menjalani vaksinasi tahap pertama yang berlangsung pada Kamis(14/1/2021) lalu mengalami rasa kantuk selama beberapa hari. Ia mengaku, suhu badannya mencapai angka 37,8 derajat celcius. 

"Agak anget, tapi habis makan hilang. Jadi, nggak tahu itu, antara demam atau lapar," sambungnya, lalu tertawa. 

AYO BACA : 3 Jenis Herba yang Dipercaya Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Kendati demikian, ia mengaku lebih menikmati momen vaksinasi tahap kedua tersebut. Meskipun, ia merasa jarum suntik vaksinasi tahap kedua ini lebih sakit dibanding sebelumnya. 

"Kemarin (vaksinasi tahap pertama) 133, sekarang 120. Saya mencoba lebih rileks di depan wartawan, akibatnya jadi lebih kerasa suntikannya," papar Emil kepada awak media, Kamis (28/1/2021). 

Emil menjelaskan, salah satu opsi untuk mengatasi nerveous dan tekanan darah tinggi seperti yang dialaminya adalah membuat suasana batin lebih relaks dulu. Menurutnya, saat vaksin Covid-19 sudah disuntikkan, maka tubuh pasien akan menyesuaikan. 

"Beradaptasi sedikit, tapi gak ada yang sampai mengganggu. Kita tetap beraktivitas, tetap produktif, bahkan pasca vaksinasi," tandas mantan Bupati Trenggalek itu. 

Vaksinasi tahap pertama dan ke-2 telah dilakukan di Pemprov Jatim. Selain Emil, sejumlah tokoh dan pejabat juga turut menerima proses vaksinasi tahap pertama dan ke-2 itu. Selanjutnya, vaksinasi akan dilakukan kepada sejumlah tenaga kesehatan (nakes) di seluruh daerah di Jatim. 

AYO BACA : Harga dan Promo Samsung Galaxy S21 di Indonesia, Waktu Terbatas

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar