4 Pertolongan Pertama ketika Disengat Tawon

  Jumat, 29 Januari 2021   Andres Fatubun
Jika terdapat duri sengat yang masih menempel di kulit, segera keluarkan! Caranya, gunakan benda pipih berujung datar, seperti kartu ATM. ( Rigoberto Díaz dari Pixabay )

GUBENG, AYOSURABAYA.COM -- Sengatan tawon bisa menyebabkan reaksi alergi pada sebagian orang. Maka dari itu, penting untuk mengenali pertolongan pertama dan pilihan obat digigit tawon yang diperlukan untuk mengatasi dan mencegah reaksi serius akibat sengatan tawon.  

Sebagian besar sengatan tawon dapat sembuh dengan sendirinya. Tapi pada orang yang alergi, sengatan tawon dapat berlanjut menjadi reaksi syok anafilaksis. Kondisi ini tergolong berbahaya dan harus segera mendapatkan pertolongan medis.

AYO BACA : Rajin Olahraga Tapi Berat Badan Tak Kunjung Turun, Ini Penyebabnya

Kenali Pertolongan Pertama dan Obat Disengat Tawon yang Tepat
Saat mengalami sengatan tawon, ada beberapa langkah pertolongan pertama yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Keluarkan sengat segera mungkin
Jika terdapat duri sengat yang masih menempel di kulit, segera keluarkan! Caranya, gunakan benda pipih berujung datar, seperti kartu ATM untuk menekan ujung sengat yang tertanam dalam kulit, kemudian mendorongnya keluar.

AYO BACA : 5 Manfaat Susu Unta yang Menyehatkan, Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Anda tidak dianjurkan menjepit duri sengat dengan jari atau pinset, karena berisiko mendorong sengat masuk lebih dalam dan menyebabkan racun yang tersisa di duri sengat masuk melalui kulit.

2. Lepas semua perhiasan
Lepas semua perhiasan atau aksesori, seperti cincin, gelang, karet, atau benda lain yang ada di tangan, kaki, atau area tubuh lain yang tersengat. Semakin cepat dilepaskan, semakin baik, karena jika bagian yang tersengat membengkak akan semakin sulit melepasnya.

3. Kompres es di area sengatan
Setelah duri sengat berhasil keluar, Anda bisa mengompres bagian yang tersengat tawon dengan es yang dibalut kain bersih selama kurang lebih 20 menit. Hal ini bisa mengobati bengkak dan membantu meredakan rasa sakit.

4. Konsumsi obat disengat tawon
Untuk mengurangi rasa nyeri akibat sengatan tawon, Anda dapat mengonsumsi obat anti nyeri, seperti parasetamol dan obat golongan antiinflamasi non steroid (OAINS), sesuai dengan anjuran dokter. Anda juga bisa menggunakan obat golongan antihistamin atau mengoleskan baking soda untuk mengurangi rasa gatal di area sengatan.

Selain itu, pastikan area sengatan tetap terjaga kebersihannya untuk mencegah terjadinya infeksi. Biasanya, sengatan tawon atau lebah biasanya akan membaik dalam waktu dua hingga lima hari.

AYO BACA : 10 Nama Desa Unik di Jawa Timur, Bermakna Seram dan Vulgar

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar