6 Cara Tradisional Menurunkan Berat Badan

  Jumat, 29 Januari 2021   Andres Fatubun
Metode akupunktur juga kini banyak dilakukan sebagai cara tradisional untuk menurunkan berat badan, terutama pada penderita obesitas. (Alterio Felines dari Pixabay )

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Banyak orang ingin menurunkan berat badan agar tubuhnya terlihat lebih sehat dan menarik. Dari beragam metode yang ada, cara tradisional menurunkan berat badan kerap menjadi salah satu pilihan. Cara ini dianggap murah, mudah, dan aman untuk menurunkan berat badan dan memperoleh berat badan ideal.

Mengutip alodokter.com, ada beragam faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, di antaranya faktor genetik, stres, jarang berolahraga, serta pola makan yang tidak sehat seperti sering mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan tinggi kalori yang banyak mengandung gula dan lemak.

Cara tradisional menurunkan berat badan Selain beberapa faktor di atas, obesitas juga bisa disebabkan oleh suatu kondisi yang diderita, seperti hipotiroidisme, sindrom ovarium polikistik (PCOS), dan sindrom Cushing.

Cara Tradisional Menurunkan Berat Badan
Berat badan ideal bisa ditentukan melalui pemeriksaan indeks massa tubuh (IMT). Jika berat badan Anda termasuk dalam kategori kelebihan berat badan atau justru sudah obesitas, terdapat berbagai macam penyakit yang siap mengintai Anda.

Berbagai penyakit yang berisiko terjadi jika Anda memiliki berat badan berlebih meliputi penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, sindrom metabolik, dan osteoarthritis.

Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga berat badan agar tetap ideal. Akan tetapi, menurunkan berat badan bukanlah perkara mudah. Ada sebagian orang yang berhasil melakukannya, tetapi tak sedikit pula yang gagal.

AYO BACA : 10 Nama Desa Unik di Jawa Timur, Bermakna Seram dan Vulgar

Beragam cara dipercaya mampu menurunkan berat badan, mulai dari cara modern dengan mengonsumsi obat-obatan atau operasi hingga cara tradisional. Jika Anda ingin mencoba cara tradisional untuk menurunkan berat badan, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

1. Konsumsi beras pecah kulit
Salah satu cara tradisional menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi beras pecah kulit, seperti beras coklat, beras merah, atau campuran kedua jenis beras tersebut (multi grain rice). Beras jenis ini kaya akan serat dan karbohidrat kompleks yang dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak di tubuh.

Selain itu, beras coklat dan beras merah juga mengandung kalori yang lebih rendah dibandingkan nasi putih. Dengan kandungan nutrisi dan seratnya yang tinggi, beras jenis ini merupakan pilihan yang lebih baik untuk dikonsumsi.

2. Konsumsi jahe
Jahe merupakan salah satu bahan tradisional yang kerap digunakan oleh cukup banyak orang Indonesia untuk menurunkan berat badan. Rempah ini dipercaya memiliki peran penting dalam mengendalikan berat badan, menjaga kesehatan sistem pencernaan, dan mengurangi peradangan.

Beberapa riset kesehatan mengungkapkan bahwa konsumsi jahe, baik dalam bentuk teh atau suplemen yang mengandung ekstrak jahe, mampu membuat sesesorang merasa lebih cepat kenyang dan menekan nafsu makan. Konsumsi jahe juga baik untuk mengontrol kolesterol dan gula darah.

3. Minum teh
Teh adalah minuman yang amat sehat karena mengandung antioksidan dan mineral yang cukup tinggi. Banyak studi yang menunjukkan bahwa konsumsi teh, baik teh teh hitam atau teh hijau, dapat meningkatkan pembakaran lemak dan menurunkan berat badan.

AYO BACA : Rajin Olahraga Tapi Berat Badan Tak Kunjung Turun, Ini Penyebabnya

Konsumsi teh sebagai cara tradisional menurunkan berat badan juga akan lebih efektif jika disertai dengan olahraga rutin dan diet yang sehat.

4. Minum air jeruk nipis
Jeruk nipis merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung kalium, magnesium, kalsium, dan beragam vitamin. Selain menyegarkan, air jeruk nipis juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan .

Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis diketahui dapat meningkatkan metabolisme dan membuat tubuh membakar lebih banyak kalori, sehingga berat badan bisa lebih terjaga.

5. Konsumsi madu
Sebagian orang kerap mencampurkan madu ke dalam suatu minuman guna menurunkan berat badannya. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengganti sukrosa dengan madu dapat membantu mencegah penambahan berat badan.

Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa madu dapat mengaktifkan hormon yang mampu menekan nafsu makan. Kendati demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait manfaat dan efektivitas madu untuk menurunkan berat badan.

6. Terapi akupunktur
Metode akupunktur juga kini banyak dilakukan sebagai cara tradisional untuk menurunkan berat badan, terutama pada penderita obesitas. Akan tetapi, pemanfaatan akupunktur sebagai metode pengobatan untuk menurunkan berat badan masih perlu diteliti lebih lanjut.

Jika Anda ingin mencoba akupunktur untuk menurunkan berat badan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli akupunktur.

AYO BACA : 4 Pertolongan Pertama ketika Disengat Tawon

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar