Tips Menambah Berat Badan yang Aman Tanpa Konsumsi Vitamin

  Jumat, 29 Januari 2021   Andres Fatubun
Ilustrasi - berat badan tidak akan bertambah hanya dengan mengonsumsi vitamin penggemuk badan.(Natasha Spenser dari Pixabay )

GUBENG, AYOSURABAYA.COM -- Untuk menambah berat badan, tak sedikit orang mengandalkan vitamin penggemuk badan. Padahal, berat badan tidak akan bertambah hanya dengan mengonsumsi vitamin penggemuk badan.

Anda tetap perlu menyertainya dengan upaya lain. Beberapa upaya yang dapat Anda lakukan adalah seperti dikutip dari alodokter.com

1. Selektif dalam memilih makanan
Kunci untuk menambah berat badan adalah mengonsumsi kalori lebih banyak dari jumlah kalori yang dibakar. Namun, Anda tetap harus menghindari makanan yang mengandung terlalu tinggi kalori, seperti cokelat dan minuman manis kemasan.

AYO BACA : 6 Cara Tradisional Menurunkan Berat Badan

Beberapa makanan yang mengandung kalori dan nutrisi sehat, antara lain susu, nasi, kacang-kacangan, dan kentang. Selain itu, konsumsilah setidaknya 5 porsi buah atau sayuran tiap harinya. Usahakan pula untuk mengonsumsi 2 porsi ikan setiap minggu, seperti salmon atau tongkol.

2. Atur jadwal dan porsi makan
Jika Anda mudah kenyang, buatlah porsi makan menjadi lebih kecil namun sering. Misalnya, jika Anda biasa makan 2 porsi besar tiap harinya, ubahlah menjadi 5–6 porsi kecil.

3. Cukup minum air putih
Konsumsi setidak 6–8 gelas air putih setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Namun, usahakan untuk tidak terlalu banyak minum sebelum makan agar Anda tidak merasa kenyang saat makan.

AYO BACA : 4 Pertolongan Pertama ketika Disengat Tawon

4. Rutin olahraga
Hindari terlalu sering melakukan olahraga yang dapat membakar banyak kalori. Anda dianjurkan untuk melakukan olahraga angkat beban setidaknya 2–4 kali dalam seminggu. Jenis olahraga ini dapat menyimpan kalori berlebih di tubuh dengan mengubahnya menjadi otot, bukan lemak.

5. Cukup istirahat
Kualitas tidur yang tetap terjaga berperan penting dalam pertumbuhan otot. Oleh karena itu, pastikan Anda mencukupi waktu tidur dengan beristirahat setidaknya 7–9 jam sehari.

6. Hindari rokok
Merokok kerap membuat Anda mengalami penurunan berat badan. Dengan menghentikan kebiasaan merokok, Anda cenderung dapat meningkatkan berat badan.

Selama Anda konsisten, cara-cara di atas sudah cukup untuk menambah berat badan sesuai yang Anda harapkan dan tentunya aman dari efek samping. Namun, jika cara di atas tidak kunjung membuahkan hasil, segera temui dokter.

Selain itu, jika Anda tetap ingin menggunakan vitamin penggemuk badan, sebaiknya konsultasikan lebih dulu dengan dokter gizi. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan jenis dan dosis vitamin penggemuk badan yang cocok dengan kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh.

AYO BACA : Rajin Olahraga Tapi Berat Badan Tak Kunjung Turun, Ini Penyebabnya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar