8 Destinasi Danau Favorit di Jatim untuk Liburan Weekend

  Jumat, 29 Januari 2021   Andres Fatubun
Keindahan alam Danau Ranukumbolo bahkan disebut salah satu yang terindah di Jatim mengingat lokasinya di ketinggian 2.400 mdpl. (Mohammad Qosim Al Hafiezh)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Ada banyak destinasi wisata alam favorit di Jawa Timur. Wisata pantai, hutan, gunung dan danau. Untuk lokasi wisata danau, agaknya belum banyak orang tahu spot-spot menariknya.

Padahal, dengan pesona alam mengagumkan, Jatim memiliki wisata danau yang tidak kalah ciamiknya dengan daerah-daerah lain. Sebut saja Danau Ranukumbolo di jalur pendakian Gunung Semeru.

Para pendaki Semeru pasti pernah melihatnya. Keindahan alam Danau Ranukumbolo bahkan disebut salah satu yang terindah di Jatim mengingat lokasinya di ketinggian 2.400 mdpl.

Selain Ranukumbolo masih ada banyak destinasi wisata danau menarik lainnya di Jatim. Nah, berikut ini delapan wisata danau populer di Jatim yang cocok buat liburan dan bersantai:

1. Telaga Sarangan
Lokasi wisata Telaga Sarangan ini berada di Magetan, Jawa Timur. Namanya tentu sangat populer bagi masyarakat Jatim. Telaga ini sudah ada sejak dulu dan seiiring waktu terus diperbaiki dan menjadi destinasi wisata menarik bagi masyarakat.

Telaga Sarangan berada di kaki Gunung Lawu. Tempat wisata ini cocok untuk wisata alam bersama keluarga. Di sana juga sudah ada cukup banyak fasilitas wisata yang menarik. Misalnya dengan menunggang kuda, menyewa speed boat, dan berbagai wahana permainan lainnya.

Luas Telaga Sarangan sekitar 1.200 meter persegi. Lokasinya cukup mudah dijangkau, yaitu di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Tempat ini juga merupakan tempat wisata yang sering dikunjungi saat liburan sekolah.

DSCF4547

(Fendy Sapto)

AYO BACA : 6 Cara Tradisional Menurunkan Berat Badan

2. Ranu Kumbolo
Bagi para pendaki Gunung Semeru, Danau Ranukumbolo tentu sangat terkenal. Berada di ketinggian 2.400 mdpl, danau ini tidak mudah dijamah oleh manusia sebab lokasinya tidak gampang dikunjungi.

Ranu Kumbolo berada di jalur pendakian gunung. Danau ini tidak cocok untuk berwisata keluarga. Hanya para pendakilah yang bisa menikmatinya. Namun demikian, tetap saja danau ini memiliki magnet keindahan luar biasa bagi para traverer.

Namun bicara keindahan, jangan ditanya. Banyak turis mancanegara mengunjunginya. Ranu Kumbolo memiliki air yang tenang dan dingin. Tepi-tepinya adalah pepohonan khas gunung hutan tropis Indonesia. Berkemah di sana akan membuat wisatawan dapat menikmati sunrise keesokan harinya yang sangat indah.

Ranu berarti danau dan Kumbolo berarti tempat berkumpul. Tidak heran jika Ranu Kumbolo memang merupakan danau yang sering dijadikan tempat camping oleh para pendaki.

3. Ranu Agung
Ranu Agung merupakan sebuah objek wiisata di Probolinggo yang cukup terkenal. Dulunya danau ini terbentuk karena letusan Gunung Lemongan.

Saat ini Ranu Agung menjadi sebuah tempat yang indah, lengkap dengan tebing-tebing tinggi yang ada di sekitar danau. Danau ini akan memberikan suhu udara yang sejuk. Pemandangan danau dan sekitarnya akan membuat wisatawan betah untuk berlama-lama di sana.

Karena merupakan Tempat Wisata di Probolinggo, pengunjung bisa melakukan banyak kegiatan menarik di sana. Salah satunya adalah menggunakan perahu getek untuk berkeliling danau. Perahu getek adalah rakit kecil yang dibuat dari jalinan bambu. Tentu akan menarik untuk berkeliling danau hanya dengan rakit.

4. Ranu Gumbolo
Jika Ranu Kumbolo ada di Gunung Semeru, maka Ranu Gumbolo ada di Tulungagung Jawa Timur. Tempat wisata danau di Jawa Timur yang satu ini baru-baru ini menjadi tempat wisata yang populer di Tulungagung.

Kepopuleran Tempat Wisata di Tulungagung yang satu ini adalah karena pemandangannya yang indah. Lengkap dengan perbukitan dan pemandangan hijau yang ada di tepiannya. Walau merupakan destinasi wisata yang baru dikenal, nyatanya cukup banyak juga wisatawan lokal dan luar Jawa Timur yang datang ke sana.
Satu hal menarik dari Ranu Gumbolo adalah adanya banyak fasilitas yang menarik. Misalnya adalah adanya rumah pohon yang menarik untuk spot foto. Jika wisatawan sedang ramai, Anda perlu mengantri untuk bisa berfoto di sana.

AYO BACA : Tips Menambah Berat Badan yang Aman Tanpa Konsumsi Vitamin

5. Telaga Ngebel
Telaga Ngebel ada di Gunung Wilis Ponorogo. Telaga Ngebel atau Danau Ngebel merupakan sebuah danau alami yang terbentuk di kaki Gunung Wilis.

Tempat ini bisa dicapai dari pusat kota Ponorogo dengan jarak sekitar 30 kilometer. Luas danau ini kurang lebih 5 kilometer dan memiliki suhu yang relatif sejuk, yaitu antara 20-26 derajad celcius. Wisatawan biasa mengunjungi Telaga Ngebel ketika musim liburan.

Tempat wisata ini bisa dimasuki dengan harga tiket yang sangat murah. harga tiket masuknya bahkan hanya Rp 4.000, dengan harga parkir kendaraan berkisar Rp 2.000-Rp 3.000 saja. Bagi yang ingin menginap, di sana juga ada beberapa penginapan yang bisa disewa.

2017-12-07

(Dani Angga)

6. Bendungan Karangkates
Bendungan ini ada di wilayah Malang, Jawa Timur. Bendungan Karangkates merupakan sebuah Tempat Wisata Danau di Malang yang berada di Kecamatan Sumber pucung, Malang.

Lokasi bendungan ada di 40 kilometer dari pusat kota Malang. Bendungan ini juga dikenal dengan nama Bendungan Sutami. Air bendungan berasal dari sungai Brantas. Bendungan ini bukanlah danau alami, namun merupakan bendungan buatan yang dibuat pada sekitar tahun 1975-1977.

Tujuan pembangunan bendungan pada awalnya adalah untuk PLTA. Namun semakin hari, potensi wisata Bendungan Karangkates mulai berkembang. Akhirnya hingga hari ini, sekitar bendungan menjadi area wisata. Bahkan sudah ada banyak fasilitas wisata yang menarik, mulai dari wisata belanja, wisata olahraga, hingga wisata pemancingan.

7. Waduk Wonorejo
Jauh dari pusat kota Tulungagung, ada waduk bernama Wonorejo. Waduk yang dikelola perusahaan Jasa Tirta ini difungsikan untuk pengairan, pembangkit listrik bertenaga air, dan pengendali banjir.

Hawa di Wonorejo cukup sejuk, ditambah pemandangan di sepanjang perjalanan menuju sana amat memanjakan mata. Rugi kalau dilewatkan nih.

8. Waduk Widas
Waduk Widas adalah waduk yang dibangun untuk membendung aliran Kali Bening dan anak sungainya, Kali Petung. Waduk yang terletak di Kecamatan Saradan ini dikelola oleh perusahaan Jasa Tirta untuk keperluan irigasi, dan pengendali banjir.
Seiiring berjalannya waktu, Waduk ini dibangun dan dijadikan sebagai spot wisata menarik bagi warga sekitar. Karena keindahan alam yang luar biasa, Waduk Widas kemudian semakin terkenal dan sering dikunjungi oleh masyarakat Jawa Timur.

AYO BACA : Rajin Olahraga Tapi Berat Badan Tak Kunjung Turun, Ini Penyebabnya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar