Hati-hati 5 Gejala Positif Covid-19 Ringan Selain Batuk dan Demam

  Sabtu, 30 Januari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Meski memasuki 2021, kewaspadaan terhadap Covid-19 tetap harus diterapkan. Selain memiliki gejala umum, Covid-19 juga memiliki gejala ringan yang harus diwaspadai. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM –Selain memiliki gejala umum seperti demam, sesak napas, batuk, dan flu, seseorang yang positif Covid-19 juga memiliki gejala ringan yang harus diwaspadai.

Covid-19 sendiri kerap didefinisikan dengan gejala seperti demam, sesak napas, hingga batuk. Sayangnya ada banyak gejala virus corona lain yang sangat mungkin diabaikan.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Clinical and Translational Neurology, ahli medis menemukan bahwa pada 412 pasien yang mereka amati, 82 persen di antaranya menunjukkan tanda-tanda masalah neurologis. Selain itu, individu juga mengembangkan gejala lain yang menunjukkan bahwa mereka sudah tertular virus Covid-19 sebelumnya.

Oleh karena itu, berikut 5 gejala selain demam, batuk, dan sesak napas yang mungkin menandakan bahwa Anda terjangkit Covid-19, dilansir dari Times of India.

1. Sakit Kepala

Sesuai dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), sakit kepala telah terdaftar sebagai salah satu gejala umum Covid-19. Kondisi ini dapat berkisar dari nyeri ringan di kepala hingga nyeri parah yang tampaknya tak tertahankan.

2. Nyeri Otot

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Clinical and Translational Neurology, 44,8 persen relawan yang berpartisipasi dalam percobaan tersebut mengalami nyeri otot akibat Covid-19. Selain itu, nyeri otot juga merupakan gejala Covid-19 jangka panjang.

3. Masalah Otak

Kabut otak atau kebingungan mental juga telah dilaporkan di antara para peserta penelitian. Meskipun gejala Covid-19 ini kurang dikenal dan langka, sekitar 31,8 persen relawan dalam penelitian tersebut mengalami masalah otak.

4. Hilangnya Indra Penciuman dan Perasa

Hilangnya indra penciuman dan pengecap juga banyak dilaporkan terjadi pada sebagian besar pasien Covid-19. Kondisi ini menjadi salah satu gejala yang cukup signifikan untuk diidentifikasi sebagai Covid-19.

5. Sakit Mata

Banyak orang yang dites positif mengidap virus corona mengeluhkan rasa sakit di mata. Namun, kondisi ini juga diyakini bisa saja disebabkan oleh lamanya orang menghabiskan waktu pada gadget selama pandemi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar