Pemprov Jatim Diskon PKB Kendaraan Listrik 90 Persen

  Sabtu, 30 Januari 2021   Andres Fatubun
Ilustrasi kendaraan listrik. (andreas160578 dari Pixabay )

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Kabar gembira bagi pengguna kendaraan listrik di Jatim, baik roda dua atau roda empat. Ini karena Pemprov Jatim melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) memberikan insentif sebesar 90 persen untuk Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan BBNKB.

“Untuk PKB, kendaraan listrik hanya dikenakan 10 persen dari dasar pengenaan pajak. Sehingga, kendaraan listrik mendapatkan insentif 90 persen. Jadi, semisal pajak kendaraan listrik itu sebesar Rp 100 ribu, wajib pajak hanya membayar Rp 10 ribu. Ada insentif sebesar Rp 90 ribu. Kebijakan ini berlaku seterusnya, tapi akan dievaluasi lagi akhir tahun,” kata Plt Kepala Bapenda Jatim, M Yasin didampingi Kabid Pajak, Purnomosidi di kantornya.

Kebijakan insentif ini diberikan pemprov, menurut dia, untuk mendukung upaya pemerintah menggalakkan penggunaan kendaraan listrik. “Dengan insentif ini, harga jual kendaraan listrik on the road di tangan konsumen akan lebih murah,” jelasnya sambil menerangkan bahwa ada 149 kendaraan listrik yang terdaftar di Jatim.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar