PPKM Tahap 2 Segera Berakhir, Kapolda Jatim Akan Lebih Tegas

  Minggu, 31 Januari 2021   Praditya Fauzi Rahman
Forum Pimpinan Komunikasi Daerah Jawa Timur (Forkopimda Jatim) gelar pasukan gabungan jelang berakhirnya PPKM tahap kedua, Minggu (31/1/2021). (Humas Polda Jatim)

WONOKROMO, AYOSURABAYA.COM -- Memasuki pekan ke-2 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) akan meningkatkan penerapan disiplin protokol kesehatan (prokes). 

Hal tersebut disampaikan ketiga pihak Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim saat apel pasukan gabungan PPKM. 

Pada Minggu (31/1/2021) pagi, Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Nico Afinta, Pangkoarmada II Laksda TNI I.N.G Sudihartawan, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa hingga tuan rumah Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto berada di lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya. 

Saat itu, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto mengatakan, penyebaran virus Covid-19 di awal tahun 2021 meningkat cukup tajam. "Kasus positif Covid-19 di Indonesia sudah masuk di angka 1 juta lebih," papar Suharyanto saat membuka sambutan apel, Minggu (31/1/2021). 

AYO BACA : Bareskrim Polri Akan Periksa Abu Janda Besok

Suharyanto menjelaskan selama 3 pekan ini, tingkat ketersediaan tempat tidur di Rumah Sakit Rujukan pasien Covid-19 juga relatif menurun. Akan tetapi, angka positif Covid-19 masih bertahan, pada 800 sampai 1.000 kasus. 

"Khusus di Jatim, justru alami penurunan. Sehingga, masyarakat diharap tetap menjaga prokes," lanjutnya. 

Sedangkan, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta menuturkan kendati angka positif Covid-19 relatif menurun, namun seluruh masyarakat wajib mematuhi prokes. Meski PPKM tahap kedua akan berakhir pekan ini, ia menegaskan seluruh personel gabungan, baik TNI mauphn Polri terus meningkatkan tugas di wilayah masing-masing terkait penegakan prokes. 

Nico menegaskan pihaknya bersama TNI mengaku siap mendukung program Pemerintah Provinsi Jatim dalam pelaksanaan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan. 

AYO BACA : Jangan Minum 9 Jenis Obat ini dengan Teh

"Kami (Polda Jatim) dan Kodam V Brawijaya siap mendukung program Pemprov Jatim, untuk menegakan disiplin prokes," papar Nico kepada awak media. 

Perihal vaksinasi, Nico berharap masyarakat tak perlu takut dan ragu untuk di vaksin. Sedangkan, untuk penerapan PPKM, lanjut Nico, personel gabungan dari Pemprov Jatim, TNI, dan Polri akan lebih sering melaksanakan operasi penegakan disiplin prokes, terutama pada sejumlah titik yang kerap terjadi pelanggaran prokes selama PPKM. 

Menurut Nico, saat ini sudah tak ada lagi sosialisasi. Bila ditemukan pelanggar, Nico menegaskan pihaknya langsung memberikan tindakan tegas, seperti denda administrasi. Tak hanya itu, pihaknya juga akan mencabut izin usaha sebuah tempat bilamana nekat buka di jam yang telah ditentukan selama masa PPKM tahap ke-2. 

"Kita akan sedikit tegas, dengan langsung berikan denda kepada pelanggar. Bagi tempat usaha, jika masih nekat di jam yang sudah ditentukan, kita akan cabut izin usahannya," tutup polisi dengan dua bintang dipundaknya itu.


 

AYO BACA : Panduan Diet GM, Metode Turunkan Berat Badan dengan Cepat dalam 7 Hari

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar