Ibu Hamil Jangan Minum Kopi dan Air Dingin, Benarkah?

  Senin, 01 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Ada anggapan bahwa ibu hamil dilarang minum kopi dan air dingin. Hal tersebut dapat memengaruhi kesehatan janin. Namun, benarkah demikian?

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Ada anggapan bahwa ibu hamil dilarang minum kopi dan air dingin. Hal tersebut dapat memengaruhi kesehatan janin. Namun, benarkah demikian?

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto dr. Setya Dian Kartika SpOG mengatakan, ibu hamil masih diperbolehkan minum kopi. Namun, konsumsi kopi ibu hamil tidak boleh berlebihan atau masih dalam batas wajar.

Apa Hukum Menikah dengan Wanita Hamil Akibat Zina?

Ibu Hamil Dijambret di Mojokerto, Badannya Terguling Sampai Kepala bocor

"Kopi boleh saja asal dibatasi, maksimal dua cangkir per hari, tidak boleh lebih dari itu," kata dia, Senin (29/4/2019).

Dia menjelaskan, mengonsumsi kafein dalam jumlah yang terlalu banyak dikhawatirkan dapat menimbulkan dampak kesehatan yang kurang baik bagi ibu dan janin. "Apalagi kalau ibu hamil memiliki riwayat penyakit mag, lebih baik membatasi konsumsi kopi selama kehamilan," ungkap Margono.

Ibu hamil juga diperbolehkan mengonsumsi air putih dingin. "Air putih dingin atau air putih yang dicampur dengan es batu diperbolehkan selama ibu hamil tidak sedang flu atau batuk pilek," ujarnya.

Ingin Janin Pintar? Ibu Hamil Harus Rutin Lakukan 5 Hal Ini

Selain Posisi Seks, Ini Daftar Makanan Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

Yang perlu dihindari, kata dia, apabila air dingin yang dikonsumsi memiliki kandungan gula yang tinggi. "Misalnya, es teh manis, es jeruk manis, es campur, es teler, es sirup, dan lain sebagainya perlu dibatasi karena asupan gula yang tinggi pada ibu hamil dapat memicu diabetes gestasional atau tipe diabetes yang terjadi pada wanita hamil," tutur Margono.

Diabetes gestasional, kata dia, bisa dikontrol dengan pola makan yang sehat, mengurangi asupan gula, dan olahraga teratur. Ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional, dan asupan gula berlebihan, dikhawatirkan akan membuat janin dalam kandungan lebih beresiko berkembang terlalu besar.

Ibu Hamil Makan Nanas Menyehatkan atau Bikin Keguguran?

Jangan Lakukan, 5 Kebiasaan Ini Bikin Susah Hamil

"Oleh karena itu kuncinya adalah makan sehat dan tidak berlebihan termasuk dalam mengonsumsi kafein dan gula selama kehamilan," katanya.

Dia juga mengingatkan agar ibu hamil lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan serta makanan yang tinggi zat besi selama masa kehamilan.

Ibu Hamil dan Anak Bisa Mendapatkan BLT Hingga Rp3 juta, Ini Syarat dan Cara Mendaftarnya

Sering Kencing, Bisa Jadi Tanda Hamil atau Diabetes

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar