9 Makanan Alami yang Bisa Atasi Mengantuk, Enak Semua!

  Selasa, 02 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
Alpukat, salah satu makanan alami yang bisa mengatasi kantuk. (Pixabay)

Mengantuk disebabkan sejumlah hal, salah satunya kekurangan nutrisi. Sejumlah makanan alami dapat mengatasi kantuk jika dikonsumsi dengan dosis yang tepat, alpukat salah satunya.

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Kekurangan nutrisi bisa memicu rasa lesu, lelah, dan kantuk sepanjang hari. Dalam hal ini, nutrisi yang paling berpengaruh adalah magnesium.

Melansir dari Healthshot, magnesium merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk berbagai proses tubuh seperti pengaturan fungsi saraf dan otot, tekanan darah, kadar gula darah, pembuatan DNA serta penunjang sistem kekebalan tubuh. Magnesium ada di jaringan lunak, otot, dan cairan tubuh.

Magnesium menjaga kesehatan otak dan detak jantung serta meningkatkan kualitas tidur. Nutrisi ini juga dikenal dapat mengurangi gejala depresi.

Mendapatkan cukup magnesium mencegah banyak penyakit kronis seperti Alzheimer, diabetes, migrain, dan penyakit kardiovaskular. Magnesium juga membantu dalam mengendalikan sindrom pramenstruasi karena mengurangi kembung, nyeri payudara, dan perubahan suasana hati.

"Magnesium juga terkait dengan perkembangan otak yang sehat, memori dan pembelajaran. Nutrisi ini mencegah sel-sel saraf menjadi terlalu terstimulasi yang dapat menyebabkan kerusakan otak," katan ahli gizi, Manisha Chopra.

Menambahkan magnesium ke dalam makanan Anda sangat penting. Pria harus mengonsumsi setidaknya 400 mg dan wanita harus mengonsumsi setidaknya 300 mg magnesium setiap hari.

Berikut adalah beberapa makanan kaya magnesium yang mudah didapatkan, antara lain:

  1. Bayam
  2. Pisang
  3. Alpukat
  4. Buncis
  5. Brokoli
  6. Kacang-kacangan
  7. Biji-bijian
  8. Raspberry
  9. Kubis

"Pastikan Anda tidak mengalami overdosis magnesium dalam makanan Anda karena dapat menyebabkan mual, diare, atau kram. Magnesium dalam jumlah terlalu banyak bahkan dapat menyebabkan masalah ginjal, retensi urin, tekanan darah rendah," kata Chopra.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar