10 Penyebab dan Cara agar Baterai HP Awet yang Jarang Disadari

  Selasa, 02 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Ada 10 penyebab baterai HP atau smartphone cepat habis yang jarang disadari. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Baterai HP atau smartphone cepat lowbat atau cepat habis bisa disebabkan oleh sejumlah hal. Salah satunya banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang. Di sisi lain, ada sejumlah cara agar baterai HP awet meski kapasitas baterainya rendah.

Cara menghemat baterai smartphone Android

Untuk menghemat baterai HP, ada 10 cara yang bisa Anda lakukan:

1. Cek aplikasi yang paling boros

Lihat daftar aplikasi mana yang memakai baterai paling banyak. Jika tidak benar-benar penting, lebih baik matikan dan tidak dipakai sepanjang perjalanan.

Untuk melihatnya, kamu bisa masuk ke setting/pengaturan lalu ke Battery dan ke Battery Usage/Power Usage. Di situ akan daftarnya.

Oppo Reno5 Dijual Perdana di Indonesia, Ini Harganya

Oppo A93 5G Harganya Murah Meriah?

Ini Spesifikasi Xiaomi Mi 11 beserta Harganya

2. Jangan kebanyakan aplikasi jalan di background

Semakin banyak aplikasi berjalan di background semakin banyak daya baterai yang disedot. Jika aplikasi tidak dibutuhkan matikan saja termasuk di background.

3. Matikan sinyal radio yang tak dipakai

Beberapa fitur di smartphone yang memanfaatkan sinyal radio akan memakan daya yang tidak sedikit. Seperti NFC, GPS, dan Wi-Fi. Jangan lupa matikan jika sudah tidak dipakai lagi.

Lirik Lagu Tanpa Batas Waktu Ost Ikatan Cinta, Cocok bagi yang Tengah Merindu

Lirik Lagu Satru Denny Caknan feat Happy Asmara beserta Artinya

4. Turunkan brightness layar

Layar menjadi salah satu bagian smartphone yang paling banyak memakan baterai. Jangan gunakan auto brightness, tapi atur manual jika perlu turunkan ke tingkat paling rendah.

5. Wallpaper gelap dan tampilan ringan

Layar tipe AMOLED atau OLED akan lebih hemat baterai jika tampilan lebih gelap. Wallpaper warna gelap akan membantu menghemat baterai dari layar.

Gunakan juga widget dan tampilan yang ringan untuk membantu hemat baterai smartphone. Jangan pakai widget yang memiliki animasi dan berat untuk dijalankan.

5 Cara agar Kualitas Motor Matic Tetap Terjaga

Hari Ini, Suzuki Resmi Luncurkan New Carry

Yamaha R15 Hadir dengan Tiga Warna, Harga Sekitar Rp37 Jutaan

6. Matikan notifikasi yang tak penting

Jangan anggap remeh notifikasi, karena tetap akan memakan daya baterai. Pastikan notifikasi yang menyala hanya dari aplikasi yang penting.

7. Atur auto sync

Fitur sync yang menyinkronisasi aplikasi yang membutuhkan koneksi internet. Karena itu, matikan auto sync agar tidak kebanyakan koneksi internet.

8. Hindari streaming

Koneksi internet sangat memakan daya baterai jika terus-terusan terhubung. Apalagi untuk menjalankan streaming, baik video maupun musik.

Gunakan pemutar musik atau video luring untuk hemat baterai smartphone. Aplikasi seperti YouTube dan Spotify memiliki fitur offline yang membantu.

Tawarkan Pelukan Gratis, 2 Lelaki Arab Ditangkap

Sedih, Suami Istri Ini Meninggal saat Berpelukan

9. Gunakan aplikasi bebas iklan

Ada beberapa aplikasi yang sebenarnya tidak membutuhkan internet. Namun karena di dalamnya ada iklan sehingga meminta terhubung dengan internet.

10. Gunakan fitur power saving

Smartphone kini telah dilengkapi dengan fitur power saving atau hemat daya. Secara otomatis smartphone akan memberikan pengaturan untuk menghemat daya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar