Jangan Percaya Gombalan, Cinta Pandangan Pertama Cuma Mitos!

  Rabu, 03 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasii] Cinta pada pandangan pertama. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM — Jika ada yang bilang bahwa dia mencintaimu sejak pandangan pertama, jangan langsung percaya! Bisa jadi itu hanya nafsu belaka.

Istilah jatuh cinta pada pandangan pertama telah begitu dikenal. Dianggap sebagai perasaan cinta paling agung yang pernah ada.

Coba tengok kisah cinta antara Yudhis dan Lala dalam film Posesif. Keduanya dipertemukan pertama kali di koridor kelas sekolahan. Keduanya tak sengaja saling menatap dan tersenyum. Tak perlu menunggu waktu lama, keduanya lantas saling jatuh cinta.

Sedang Diet? Jangan Lakukan Hal-hal Sepele yang Bikin Berat Badan Naik Ini!

5 Minuman Segar Ini Bantu Diet Cepat dan Sehat

4 Kebiasaan di Pagi Hari ini Bikin Berat Badan Naik, Diet Bisa Gagal!

Kisah cinta pada pandangan pertama ini memang kerap hadir dikemas dalam berbagai bentuk film. Kedengarannya romantis. Namun, faktanya, cinta jenis ini memiliki kemungkinan yang jauh lebih kecil untuk menuju cinta sejati.

Melansir How Stuff Works, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the International Association for Relationship Research menemukan bahwa cinta pada pandangan pertama lebih dekat kepada nafsu semata. Untuk diketahui, sejauh ini, hanya sedikit penelitian ilmiah yang mampu membuktikan bahwa cinta pada pandangan pertama benar-benar nyata.

Para peneliti menggunakan tiga platform dalam penelitian, termasuk studi laboratorium, studi daring, dan beberapa agenda kencan subjek penelitian. Sebanyak 400 orang di Jerman dan Belanda menjadi subjek dalam penelitian ini.

Sebelumnya, para peneliti terlebih dahulu melaporkan apakah para subjek penelitian pernah memiliki pengalaman cinta pada pandangan pertama atau tidak. Subjek penelitian juga mencatat faktor-faktor yang membuat mereka tertarik dengan seseorang. Selain itu, mereka juga diminta untuk memberikan gambaran perasaan mereka tentang konsep keintiman, ketertarikan fisik, komitmen, dan gairah.

Ingin Diet? 7 Minuman Enak, Segar, dan Alami Ini Ampuh Usir Lemak Perut

Agar Diet Sukses, 4 Hal Ini Jangan Dimakan usai Pukul 4 Sore

Menu Diet Sehat, Rutin Sarapan 2 Telur Bisa Turunkan Berat Badan

Hasilnya menunjukkan bahwa 32 dari subjek penelitian mengalami cinta pada pandangan pertama. Namun, tak ditemukan adanya korelasi yang kuat antara perasaan tersebut dengan bagian-bagian tertentu dari cinta seperti komitmen dan keintiman. Cinta pada pandangan pertama tampaknya berjalan beriringan dengan hanya mempertimbangkan bahwa seseorang menarik secara fisik.

“Cinta pada pandangan pertama yang ditemukan pada subjek penelitian tidak diiringi oleh gairah tinggi, keintiman dan komitmen. Itu hanya didorong oleh daya tarik fisik,” ujar penelitian tersebut. “Oleh karena itu, kami menyebut bahwa cinta pada pandangan pertama bukanlah sesuatu yang agung, tapi lebih kepada daya tarik awal yang kuat.”

Seorang pakar hubungan asmara, Caitlin Bergstein, setengah mendukung hasil penelitian tersebut. Dia mengakui bahwa cinta pada pandangan pertama hanyalah reaksi biologis dari nafsu dan ketertarikan semata. “Nafsu instan ini biasanya gagal dengan cepat,” katanya.

Namun, bukan berarti cinta pada pandangan pertama itu salah. Menurut Bergstein, cinta pada pandangan pertama bisa jadi sebagai fase awal dari cinta sejati. “Untuk benar-benar mencintai seseorang, kamu harus mengenal mereka,” katanya.

Dia juga menegaskan bahwa hubungan jangka panjang membutuh waktu untuk berkembang.

Cara Minum Air Putih yang Dianjurkan untuk Turunkan Berat Badan

Ini 10 Menu Camilan Sehat untuk Diet, Enak Semua dan Bikin Berat Badan Tak Naik!

Makanan yang Perlu Dihindari Saat Sarapan

 
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar