Masuk Musim Hujan, Ini 5 Cara Mengusir Tikus dengan Bahan Alami

  Rabu, 03 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Ada sejumlah cara mengusir tikus dengan bahan alami yang bisa Anda lakukan. Bahan-bahannya pun mudah didapatkan. (Pixabay)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Ada berbagai bahan alami yang bisa mengusir tikus. Bahan-bahan alami itu juga dinilai lebih aman bagi lingkungan dan rumah.

Keberadaan tikus di rumah memang sangat mengganggu. Tikus di rumah bisa merusak barang-barang yang ada seperti kabel dan mencuri makanan. Selain itu, keberadaannya membahayakan kesehatan bagi anggota keluarga di rumah.

Tikus yang lincah dan pintar bersembunyi memang susah ditangkap dengan tangan kosong. Perlu bantuan perangkap atau sesuatu yang tidak disukai tikus.

Menyadur dari 99.co, berikut bahan-bahan alami yang bisa mengusir tikus.

5 Kebiasaan yang Tingkatkan Tekanan Darah Tinggi, Sering Dilakukan?

6 Buah Penurun Darah Tinggi yang Perlu Dikonsumsi

4 Jenis Makanan Pantangan bagi Penderita Darah Tinggi

Cara Mengusir Tikus dengan Bahan Alami

1. Cangkang telur

Setelah memasak telur, jangan buang cangkangnya langsung ke tempat sampah. Kandungan kalsium yang ada pada cangkang telur bisa mengusir tikus bahkan kecoa dan cicak.

Ikuti langkah berikut. Bersihkan cangkang telur hingga bersih, keringkan, lalu blender atau tumbuk hingga menjadi bubuk. Jemur di sinar matahari.

Setelah kering, tabur bubuk cangkang telur ke jalur yang biasa dilewati tikus atau tempat persembunyiannya. Selain menjadi pembasmi hama, bubuk cangkang telur juga bisa menjadi pupuk untuk tanaman.

2. Bawang putih

Tikus tidak suka dengan bawang putih. Kamu bisa mencoba dengan bawang putih karena caranya sangat mudah.

Kupas bawang putih, dan potong menjadi beberapa bagian. Lalu, bungkus potongan bawang putih dengan kain kasa. Bungkusan ini bisa kamu letakkan di tempat yang biasa dilalui oleh tikus.

Cara Alami Atasi Tekanan Darah Tinggi dengan Teh Daun Kelor

Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan, Obat Darah Tinggi dan Jaga Gula Darah

Menu Diet Murah yang Sehatkan Jantung dan Atasi Tekanan Darah

3. Daun mint

Bau daun mint yang segar ternyata tidak disukai tikus. Kamu bisa gunakan daun mint untuk mengusir tikus di rumah.

Caranya cukup mudah, campurkan air dengan daun mint, tumbuk sedikit hingga daun sedikit hancur. Air campuran ini bisa disemprotkan ke semua area rumah atau hanya yang dilewati tikus.

4. Bubuk kopi

Tikus memiliki indra penciuman yang lebih peka dari manusia, oleh karena itu, mereka tidak suka dengan bau menyengat dari bubuk kopi.

Kamu tinggal menaburkan kopi di jalur yang biasa dilewati tikus. Dari taburan kopi ini, tikus bisa kesulitan melacak bebauan yang sudah ia tinggalkan.

7 Dampak Negatif Makan Siang Sambil Bekerja

Bagus untuk Diet, 5 Menu Sarapan Ini Cepat Turunkan Berat Badan!

Diet dengan Jeruk Nipis, Efektifkah?

5. Durian

Buah durian yang sama seperti kopi memang memiliki bau yang menyengat dan tidak disukai sejumlah orang. Begitu juga dengan tikus.

Cukup letakkan kulit durian sisa di sekitar tempat tikus berkeliaran, bawah meja, belakang kulkas, atau dekat tempat cuci piring.

Itulah cara mengusir tikus dengan bahan alami yang bisa Anda coba. Selamat mencoba!

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar