Daftar 16 Jenis Ikan Cupang dan 6 Cara Merawatnya

  Kamis, 04 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
Salah satu kios ikan cupang di Pasar Leuwipanjang, Kota Bandung, Senin (28/9/2020). Menurut pedagang, penjualan ikan cupang mengalami peningkatan hingga 100 persen dibanding sebelum Covid-19, penjualan ikan cupang ini justru meningkat di masa pandemi Covid-19 lantaran banyak masyarakat yang menjadikan memelihara ikan cupang sebagai kegiatan mengisi waktu saat terpaksa harus berdiam di rumah. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Terdapat berbagai jenis ikan cupang. Cara merawatnya pun beragam.

Memelihara ikan cupang dilakukan saat pandemi karena berbagai alasan, salah satunya mengisi waktu luang.

Selain warnanya yang indah, perawatan ikan cupang yang mudah juga jadi salah satu kelebihan tersendiri. Nah, ternyata ikan cupang memiliki beragam jenis. Berikut ini jenis-jenis ikan cupang dan tips merawatnya.

Jenis-jenis Ikan Cupang

Sedikitnya ada 16 jenis ikan cupang dengan warna dan bentuk yang beragam. Berikut jenis-jenis ikan cupang.

  1. Plakat: paling banyak ditemui di masyarakat. Cirinya tubuh kekar, bentuk sirip tegas, dan biasanya dijadikan ikan aduan.
  2. Crown Tail: paling banyak digemari karena bentuknya yang indah dan ekornya menyerupai mahkota.
  3. Half Moon: ciri dari ikan cupang jenis ini adalah ekornya yang terlihat menyatu dan membentuk setengah lingkaran. Ia juga memiliki warna yang menarik.
  4. Half Sun: tak jauh berbeda dengan ikan cupang halfmoon, jenis half sun merupakan perkawinan antara ikan cupang halfmoon dan crowntail.
  5. Cupang Sawah: cupang jenis ini banyak tumbuh dan ditemukan di alam liar. Ia punya ciri warna garis kuning dan biru di tubuhnya.
  6. Double Tail: sama seperti namanya, ikan cupang yang satu ini seakan memiliki dua ekor yang terbelah. Ikan jenis ini sulit untuk dikembangbiakkan.
  7. HMPK: ikan ini merupakan perkawinan silang antara jenis plakat, halfmoon, sehingga disingkat HMPK.
  8. Giant: salah satu ciri yang menonjol dari ikan ini ialah ukurannya yang lebih besar dibandingkan ikan cupang biasanya. Bahkan ia bisa tumbuh hingga 12 cm.
  9. Big Ear: ikan jenis ini dijuluki big ear atau dumbo karena punya sirip yang lebar seperti sayap kupu-kupu dan telinga gajah.
  10. Cupang Paradise: ikan yang satu ini banyak ditemui di wilayah sungai Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Salah satu ciri dari ikan ini adalah ekornya bercabang.
  11. Cupang Sarawak: ia punya ciri garis yang membentang di sisi kanan, kiri, kepala hingga ekornya. Ikan jenis ini akan lebih mudah beradaptasi di alam.
  12. Cupang Surga: warna ikan ini kebanyakan coklat dan siripnya panjang. Ia biasa ditemukan di wilayah Jawa dan Sumatera.
  13. Fancy: ikan yang satu ini sangat ikonik karena memiliki gradasi warna di bagian ekornya dan sangat cantik dipelihara di akuarium rumah.
  14. Cupang Emas: ikan cupang emas biasa hidup di alam liar. Ia mudah ditemukan di sawah, selokan, sungai, hingga rawa.
  15. Veil Tail: ikan cupang jenis ini punya sirip dan ekor yang menjuntai serta lebar. Umumnya dikembangbiakkan oleh breeder ikan cupang.
  16. Spade Tail: jenis ikan ini punya ekor yang menyerupai sekop dan jenisnya sangat langka.

Tips Merawat Ikan Cupang

Meskipun perawatan ikan cupang tergolong mudah dan sederhana, namun tetap perlu tips dan trik khusus untuk merawat ikan cupang. Berikut tips dan triknya.

  1. Pastikan asupan makanan dan gizi yang terkandung di dalamnya lengkap.
  2. Sesekali jemur ikan cupang di dalam air di bawah sinar matahari.
  3. Berikan daun ketapang.
  4. Jaga kebersihan akuarium agar tidak kotor dan terbebas dari kuman serta penyakit.
  5. Perhatikan jenis dan kadar air.
  6. Pakai wadah akuarium yang tepat. Jangan terlalu kecil maupun terlalu besar.

Nah, itulah 16 jenis ikan cupang dan tips merawatnya. Kalian tertarik memelihara ikan cupang jenis apa?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar