[CEK FAKTA] Jokowi Resmi Tunjuk Risma Gantikan Anies Baswedan?

  Kamis, 04 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
Beredar unggahan yang mengklaim bahwa Presiden Jokowi memberi sinyal kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk menggantikan posisi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di jejaring media sosial Facebook. (Turnbackhoax.id)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Beredar unggahan yang mengklaim bahwa Presiden Jokowi memberi sinyal kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk menggantikan posisi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di jejaring media sosial Facebook.

Klaim itu dibagikan oleh pemilik akun Lilikarwati Tan ke dalam grup INDONESIA BERSUARA dengan menautkan video YouTube dengan klaim sebagaimana dimaksud.

Unggahan itu telah dikomentari banyak akun lain. Sementara itu, video YouTube sebagaimana dia sebar telah ditonton lebih dari 300 ribu kali.

CEK FAKTA: Puluhan Santri di Jember Pingsan usai Disuntik Vaksin Sinovac?

Berikut narasi yang ditulis:

"Akhirnya semakin MEMANAS, Jokowi tunjuk Risma gantikan Anies Bawedan".

Lalu benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran turnbackhoax.id, klaim yang menyatakan Jokowi menunjuk atau memberi sinyal kepada Mensos Risma untuk menggantikan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta adalah salah.

Dalam video yang dibagikan, tidak ditemukan pernyataan Presiden Jokowi tentang pergantian Gubernur DKI Jakarta.

Pasalnya, video itu berisi potongan-potongan video dari Jokowi, Mensos Risma, dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang disusun guna menampilkan kesan bahwa mereka memberi pernyataan terkait penunjukan Mensos RIsma sebagai Gubernur DKI Jakarta pengganti.

Padahal, video-video tersebut berasal dari kejadian atau keadaan yang berbeda-beda.

Vaksin Sinovac Mengandung Boraks? Ini Kata Pakar

Mensos Risma sendiri kerap digadang-gadang menjadi calon maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2022. Namun, hal itu masih berupa dugaan dan menjadi rahasia partai.

Terkait kekuasaan Jokowi memberhentikan gubernur, keputusan semacam itu pun tidak sembarangan. Presiden dapat memberhentikan gubernur apabila ada usulan dari DPRD kepada menteri.

Usulan tersebut disampaikan oleh Menteri kepada Presiden untuk dilakukan pertimbangan.

Namun, saat ini belum ada pemberitaan apapun yang menyatakan bahwa DPRD DKI Jakarta mengajukan usul pemberhentian Gubernur DKI Jakarta aktif, Anies Baswedan.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa klaim yag menyebut Presiden Jokowi menunjuk Mensos Risma sebagai gubernur DKI Jakarta adalah hoaks kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar