10 Ciri Jantung Anda Tak Sehat, Sering Lelah hingga Detak Tak Beraturan

  Jumat, 05 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Jika Anda merasa sering lelah, berkeringat dingin, hingga detak jantung tak beraturan, mungkin jantung Anda sedang tidak sehat. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Jika Anda merasa sering lelah, berkeringat dingin, hingga detak jantung tak beraturan, mungkin jantung Anda sedang tidak sehat.

Penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin guna melihat kondisi organ ini dalam keadaan baik.

Rajneesh Kapoor, Wakil Ketua Intervensional Cardiology, Heart Institute, Medanta, India mengatakan bahwa meskipun tidak semua masalah jantung disertai dengan tanda atau gejala yang jelas, orang perlu mengetahui gejala-gejala umum agar dapat mendeteksi perubahan atau kelainan sekecil apapun.

7 Makanan Sehat untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Bunga Pepaya dan Cara Mengolahnya

4 Gangguan Kesehatan Akibat Mengonsumsi Softdrink secara Berlebihan

Jika mengalami gejala gangguan jantung, segera cari intervensi medis untuk mencegah situasi memburuk. Dilansir Indian Express, ada 10 tanda dari kondisi jantung tidak sehat yang perlu diwaspadai sejak dini.

1. Dada tidak nyaman

Dada tidak nyaman atau sering sesak maupun nyeri dada merupakan gejala paling umum yang dapat menandakan bahaya bagi jantung. Orang bisa mengalami sesak, nyeri, atau tekanan di dada saat arterinya tersumbat atau saat mengalami serangan jantung.

Gejala dapat muncul saat istirahat atau selama beberapa aktivitas fisik. Biasanya, gejala berlangsung selama beberapa menit.

Rasa sakitnya singkat dan area yang mengalami rasa lebih sakit saat disentuh atau didorong. Dalam kasus tertentu, terutama pada perempuan, serangan jantung dapat terjadi tanpa nyeri dada.

Jangan Makan, 5 Hal Ini Buruk bagi Jantung, Termasuk Gorengan

Menu Diet Murah yang Sehatkan Jantung dan Atasi Tekanan Darah

5 Makanan yang Jaga Jantung Tetap Sehat, Termasuk Anggur Merah

2. Mual dan mulas

Beberapa orang ada yang mengalami mual, gangguan pencernaan, mulas atau sakit perut saat serangan jantung. Gejala-gejala tersebut bisa disertai dengan muntah juga.

Oleh karena itu, dalam banyak kasus, serangan jantung dapat disalahartikan sebagai gangguan pencernaan. Demikian pula, masalah perut juga bisa terjadi karena alasan lain, tetapi Anda harus sadar bahwa itu juga bisa menandakan serangan jantung.

3. Nyeri

Tanda umum lainnya dari kondisi jantung yang tidak sehat adalah rasa sakit yang menyebar ke bagian bawah sisi kiri tubuh. Biasanya, rasa nyeri berasal dari dada dan merembet ke arah luar lengan. Nyeri lengan juga bisa menjadi gejala kondisi jantung.

4. Pusing dan pingsan

Semua orang dapat mengalami pusing dan pingsan, entah karena panas matahari, ventilasi buruk, serta bangun terlalu cepat dari posisi duduk atau barbaring, kecemasan atau syok, maupun akibat sesak di dada atau napas.

Akan tetapi, kondisi ini juga dapat mengindikasikan sesuatu yang lebih serius, seperti penurunan tekanan darah. Hal tersebut juga dapat menyebabkan terganggunya kemampuan jantung dalam memompa darah.

Cara Alami Kontrol Darah Tinggi dengan Air Jahe, Ikuti Caranya

Mau Diet? Teh Jahe Cepat Turunkan Berat Badan, Begini Cara Buatnya

5. Sakit di tenggorokan atau rahang

Sakit tenggorokan atau rahang biasanya disebabkan oleh masalah otot, pilek, atau sinus. Namun, jika Anda mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan di dada yang menyebar ke rahang atau tenggorokan, itu bisa menandakan serangan jantung.

6. Kelelahan

Jika Anda mengalami kelelahan setelah melakukan aktivitas, seperti menaiki tangga atau membawa bahan makanan, yang sebelumnya tidak menjadi tantangan bagi Anda, hal itu mungkin menandakan adanya kondisi tidak baik dari organ ini.

Kelelahan yang ekstrem atau kelemahan yang tidak dapat dijelaskan, terkadang selama berhari-hari, bisa menjadi gejala penyakit jantung, terutama bagi perempuan.

7. Mendengkur

Walaupun mendengkur saat tidur adalah hal yang normal, dengkuran yang sangat keras yang terdengar seperti terengah-engah atau tercekik bisa menjadi tanda sleep apnea, suatu kondisi ketika pernapasan terganggu sesaat saat tidur. Ini menciptakan tekanan tambahan pada jantung Anda sehingga menimbulkan masalah jantung.

7 Kebiasaan Buruk yang Membuat Jerawat Betah di Wajah

Jenis Jerawat di Payudara yang Perlu Diwaspadai

Harus Coba! 10 Bahan Alami Ini Ampuh dan Cepat Hilangkan Bekas Jerawat

8. Berkeringat dingin tanpa alasan tertentu

Jika berkeringat dingin terjadi bersamaan dengan gejala yang disebutkan sebelumnya, segera cari bantuan medis.

9. Detak jantung tidak teratur atau tidak normal

Biasanya, orang mungkin mengalami jantung berdebar kencang atau berdebar cepat saat gugup atau bersemangat. Akan tetapi, jika terus berlanjut selama lebih dari beberapa detik, ini dapat mengindikasikan adanya masalah.

Melewati satu atau dua detak untuk waktu yang lama atau sering, dapat menandakan kondisi yang disebut atrial fibrillation (denyut jantung tidak teratur dan sering kali cepat yang umumnya menyebabkan aliran darah buruk). Kondisi ini dapat menyebabkan pembekuan darah, strok, gagal jantung, dan komplikasi lainnya terkait jantung.

10. Terjadi pembengkakan pada bagian tubuh

Pembengkakan pada tungkai, pergelangan kaki, dan telapak kaki dapat menunjukkan bahwa jantung tidak memompa darah seefektif yang seharusnya.

Ini menyebabkan darah menumpuk di pembuluh darah yang menyebabkan kembung. Dalam kasus gagal jantung, kemampuan penyaringan ginjal untuk membuang kelebihan air dan natrium juga dapat terpengaruh, yang berujung dengan mengakibatkan perut kembung.

Jangan Makan, 5 Hal Ini Buruk bagi Jantung, Termasuk Gorengan

Menu Diet Murah yang Sehatkan Jantung dan Atasi Tekanan Darah

5 Makanan yang Jaga Jantung Tetap Sehat, Termasuk Anggur Merah

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar