Daftar 20 Negara dengan Jam Kerja Terlama dan Tercepat, Ada Indonesia?

  Jumat, 05 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Terdapat 10 negara maju dengan jam kerja relatif sangat singkat. Sementara itu, 10 negara berkembang dominan mengisi negara dengan jam kerja lama. Indonesia masuk yang mana? (Pixabay)

Terdapat 10 negara maju dengan jam kerja relatif sangat singkat. Sementara itu, 10 negara berkembang dominan mengisi negara dengan jam kerja lama. Indonesia masuk yang mana?

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Bekerja dapat dilihat melalui dua sudut pandang ekstrem yaitu sebagai kebutuhan intelektual atau sekadar tuntutan ekonomi. 

Namun tidak terelakan bila rutinitas pekerjaan terkadang menghadirkan rasa jenuh yang berujung pada gejala stres.

Lalu perdebatan hadir ke permukaan mengenai batas waktu kerja ideal yang dapat dijalani manusia dalam satu hari. Beberapa berpendapat bila jam kerja yang ekstrem dapat menghadirkan kemajuan pada negara. 

Namun beberapa negara maju di Eropa justru memberlakukan jam kerja yang sangat minimalis karena dinilai dapat meningkatkan produktivitas serta mengurangi depresi.

Degan jam kerja singkat maka akan tersaring lebih banyak lowongan pekerjaan melalui penyerapan pegawai sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.

Untuk itu Ayosurabaya.com merangkum daftar negara dengan jam kerja terlama dan tersingkat seperti dilansir dari Business Insider dan World Economic Forum. Berikut daftarnya:

1. Belgia

Belgia merupakan salah satu negara paling seimbang di dunia. Bahkan tanpa peran seorang presiden sekalipun laju pemerintahan di Belgia dapat berjalan dengan baik karena mengandalkan penerapan sistem dan aturan. Apalagi Belgia hanya memiliki jam kerja 5 jam di setiap harinya. 

2. Swedia

Meski dinilai berisiko namun Swedia berani mengurangi jam kerja para penduduknya agar dapat meningkatkan produktivitas dan kebahagiaan. Hasilnya justru berdampak positif pada kinerja perusahaan di Swedia. Terbukti Swedia menjadi salah satu negara paling kompetitif di dunia meski hanya dengan waktu kerja sebanyak 4 jam 40 menit setiap harinya.

3. Jerman

Walau memiliki jam kerja singkat namun regulasi tersebut tampaknya sama sekali tidak memengaruhi produktivitas Jerman sebagai salah satu negara termaju di dunia. Padahal pekerja di Jerman hanya memiliki jam kerja sebanyak 4 jam dalam satu hari. 

4. Perancis

Pemerintah Kota Paris menerapkan lima hari waktu kerja dengan total 30 jam 50 menit dalam satu minggu. Artinya Paris hanya memiliki jam kerja sebanyak 6 jam 10 menit setiap hari dengan dua hari libur. Sedangkan secara nasional Perancis memiliki jam kerja hanya 4 jam 15 menit.

5. Denmark

Denmark terutama Kota Kopenhagen merupakan salah satu negara dengan tingkat kemakmuran tertinggi dan angka gini ratio rendah. Namun semua predikat tersebut di dapat Denmark hanya dengan jam kerja singkat yaitu 4 jam dalam satu hari. 

Sementara itu, untuk negara dengan rata-rata jam kerja terlama justru sama sekali tidak menyertakan satu pun asal Eropa. Padahal Eropa yang dikenal begitu maju justru menyimpan lima negaranya pada jam kerja tersingkat.

Adapun daftar negara dengan kepemilikan jam kerja terlama adalah sebagai berikut:

1. Hongkong

Hongkong merupakan rumah bagi banyak perusahaan multi nasional terbesar di dunia. Maka tidak mengherankan bila para pekerja di Hongkong memiliki jam kerja terlama di dunia yaitu 8 jam 15 menit.

2. Chile

Ketidaksetaraan sosial di Chile merupakan yang terburuk di dunia industrialisasi. Dengan pendapatan yang relatif rendah namun para pegawai di Chile meski bekerja selama 8 jam 10 menit dalam satu hari. Menjadikannya negara di Benua Amerika dengan jam kerja terlama.

3. India

India jadi salah satu negara tersibuk dan berpenduduk terbesar di Asia. Namun tidak sedikit penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan. Sehingga bekerja keras dengan menghabiskan 7 jam kerja dalam satu hari dinilai sebagai solusi mengentaskan kemiskinan.  

4. Meksiko 

Para pegawai di Meksiko bekerja 16 persen lebih lama dari rata-rata waktu secara global. Pasalnya warga Meksiko meski bekerja selama 7 jam 15 menit dalam satu hari. 

5. Thailand

Thailand tercatat memiliki jam kerja 7 jam dalam satu hari dan hanya diperkenankan mengambil cuti selama 9 hari dalam satu tahun. Sebuah regulasi yang teramat memberatkan para penduduknya. 

6. Uni Emirat Arab

Negara yang menjadi rumah bagi banyak orang kaya di dunia tersebut memiliki waktu kerja yang sama dengan Thailand yaitu 7 jam dalam satu hari. Namun cuti yang diberikan begitu fantastis yaitu 30 hari dalam satu tahun.

7. Kenya

Kenya jadi salah satu negara paling berpengaruh di Afrika maka tidak mengherankan bila penduduknya memiliki budaya kerja yang kuat. Setidaknya para pegawai harus bekerja selama 7 jam dalam satu harinya seperti di Thailand dan Uni Emirat Arab.

8. Taiwan

Selayaknya negara Asia Timur lain karena Taiwan dikenal sebagai negeri dengan budaya disiplin yang baik. Pekerja di Taiwan setidaknya bekerja selama 6 jam 50 menit dalam satu hari.

9. Indonesia

Tidak mengherankan bila Indonesia masuk dalam daftar ini karena memang banyak perusahaan memberlakukan waktu 8 jam kerja dalam satu hari. Namun rata-rata pegawai di Indonesia bekerja selama 6 jam 40 menit dalam satu hari dengan hanya 12 hari libur cuti dalam satu tahun. 

10. Kolombia

Serupa Indonesia, Kolombia memiliki jam kerja yang relatif lama yaitu 6 jam 40 menit dalam satu hari. Hal tersebut menjadikan Kolombia sebagai negara pemilik jam kerja terlama kedua di Amerika Selatan. 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar