Ini Waktu Terbaik untuk Minum Susu, Ternyata Bukan Pagi Hari

  Jumat, 05 Februari 2021   Andres Fatubun
Ilustrasi susu. (Couleur dari Pixabay)
SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Banyak orang meyakini waktu terbaik untuk minum susu adalah di pagi hari. Tetapi tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa minum susu lebih tepat dilakukan saat malam hari. Bagaimana faktanya?

Susu mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Selain kaya akan kalsium dan mineral yang baik bagi kesehatan tulang, susu juga mengandung protein yang bermanfaat untuk pembentukan otot dan menjaga daya tahan tubuh.
 
Ini Waktu Terbaik untuk Minum Susu 
Untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut, susu tak hanya harus dikonsumsi dalam jumlah tepat, tapi juga perlu diminum di waktu yang tepat. Sebuah penelitian menyatakan, minum susu bebas lemak di pagi hari dapat membuat Anda merasa lebih kenyang, sehingga Anda tidak akan makan berlebihan di siang harinya.
Akan tetapi, ada juga penelitian lain yang menyebutkan bahwa minum susu di malam hari bisa membantu seseorang lebih tenang, sehingga tidurnya akan lebih lelap. Lalu, kapan waktu yang paling baik untuk minum susu?

Sebenarnya, tidak ada waktu khusus atau waktu yang paling baik untuk minum susu. Susu baik untuk dikonsumsi di pagi hari maupun malam hari. Jika Anda memiliki tujuan khusus, misalnya untuk menurunkan berat badan atau meningkatkan masa otot, ada dua waktu minum susu yang dianjurkan, yaitu:
 
Setelah makan
Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, minum susu setelah makan dipercaya merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, susu merupakan salah satu sumber protein. Protein dapat memperbaiki metabolisme dan membuat Anda merasa kenyang setelah makan.
 
Setelah berolahraga
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum susu setelah olahraga baik untuk meningkatkan pembentukan masa otot dan mengurangi kadar lemak di dalam tubuh.
 
Namun, perlu diingat, tetap konsumsi susu sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan, ya. Jika susu dikonsumsi secara berlebihan, jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh juga akan meningkat dan akhirnya justru memicu pertambahan berat badan.
 
 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar