6 Camilan yang Bikin Kenyang untuk Diet, Tak Bikin Berat Badan Naik

  Sabtu, 06 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
Yoghurt, salah satu camilan malam yang menyehatkan dan tidak membuat berat badan naik. (PIxabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Sejumlah camilan sehat dapat membuat Anda kenyang saat malam. Selain itu, camilan tersebut tak akan membuat berat badan Anda bertambah, terutama bagi yang sedang diet.

"Ketika ingin makan jelang tidur, saya memprioritaskan camilan yang mengandung protein, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat," kata ahli diet berlisensi, Melissa Rifkin, dikutip dari laman Well and Good, Minggu (24/5/2020).

Kombinasi tiga komponen tersebut membantu tetap kenyang sepanjang malam, serta memasok nutrisi yang memperbaiki kualitas tidur. Ada sejumlah makanan yang bisa menjadi bahan untuk deretan resep lezat.

Ini Jam Ngemil saat Diet agar Berat Badan Tidak Naik Lagi!

1. Pisang

Pisang kaya vitamin B6, yang mengubah asam amino triptofan menjadi serotonin sehingga bisa tidur nyenyak. Pisang bisa disantap bersama keju atau diolah menjadi roti pisang bebas gluten serta pisang bakar kayu manis.

2. Selai kacang

Sama seperti pisang, selai kacang kaya triptofan, selain mengandung protein dan lemak sehat. Oleskan selai kacang pada roti gandum atau ubi, bisa juga membuat roti panggang dengan isian selai kacang dan tambahan buah berry.

3. Yoghurt

Alasan yogurt tepat disantap sebelum tidur tentu karena protein, lemak sehat, dan triptofan. Namun, lebih baik tidak menambahkan gula pada yoghurt. Jika ingin rasa manis dan asin, pilih taburan pretzel, kacang, dan cokelat di atasnya.

Ini 10 Menu Camilan Sehat untuk Diet, Enak Semua dan Bikin Berat Badan Tak Naik!

4. Buah ceri

Buah ceri yang biasa ada di puncak kue tar banyak mengandung melatonin, vitamin B2, protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks. Ceri bisa dijadikan smoothie atau diolah menjadi camilan dark chocolate cherry bites.

5. Kiwi

Buah asam manis ini punya kandungan serotonin tinggi. Jika bosan memakan buahnya saja, coba buat "frozen kiwi pop". Tancapkan stik pada irisan kiwi, celupkan ke cokelat hitam cair, taburi dengan butiran kacang pistachios, lalu bekukan.

6. Susu

Susu hangat tak pernah gagal membantu tidur nyenyak. Selain susu sapi, coba juga susu almond yang kaya magnesium, moon milk (susu dengan kapulaga, ceri, atau ginseng), serta golden milk (campuran susu, kunyit, jahe, dan kayu manis).

Ingin Diet tapi Tetap Makan? 5 Camilan Enak Ini Turunkan Berat Badan!

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar