Penyebab Kram Kaki saat Malam dan Cara Mengatasinya

  Sabtu, 06 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Penyebab Kram Kaki saat Malam dan Cara Mengatasinya. (PIxabay)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Nocturnal leg cramps merupakan istilah untuk menggambarkan kram kaki yang dialami saat malam pada sebelum, saat, atau setelah tidur. Sensasi kram akibat kondisi ini bisa sangat menyakitkan dan berlangsung lama hingga 9 menit.

Meski begitu, rasa sakit ini akan berangsur sembuh dengan sendirinya. Namun, pada beberapa kasus, rasa pegalnya bisa awet hingga 24 jam ke depan.

Masuk Musim Hujan, Ini 5 Cara Mengusir Tikus dengan Bahan Alami

Nocturnal leg cramps ini berbeda dengan restless legs syndrome. Kedua gangguan ini kerap tertukar karena memang sama-sama terjadi saat malam.

Restless legs syndrome tidak menyebabkan rasa sakit/nyeri. Gangguan tersebut merupakan kondisi neurologis yang menyebabkan seseorang ingin selalu menggerakkan kaki karena merasa tidak nyaman.

Penyebab timbulnya kram kaki ketika malam hari ini belum diketahui secara pasti. Namun hal-hal seperti posisi duduk yang tidak benar, terlalu lama berdiri, duduk dalam waktu yang lama, kelelahan otot, dehidrasi, dan masalah pada saraf kaki memiliki kaitan terhadap kondisi tersebut.

Susah Tidur Nyenyak? 3 Olahraga Ini Bikin Tidur Malam Pulas

8 Cara Mencegah Ngorok

7 Tips Mudah Agar Bangun Pagi, Jika Pasang Alarm Selalu Gagal

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Pasalnya ketika digerakkan kaki akan terasa makin sakit, namun jika didiamkan juga tidak mengurangi rasa sakitnya.

Jika demikian, cobalah untuk memijat perlahan bagian yang sakit. Lalu, bangkit dari tempat tidur dan gerakkan kaki secara perlahan.

Untuk mencegah terjadinya kram kaki di malam berikutnya, sebaiknya kamu melakukan peregangan ringan sebelum tidur selama beberapa menit, serta minum air yang cukup untuk menghindari dehidrasi di malam hari.

4 Hal Positif Bangun Pagi, Lakukan Besok

Penyebab Seseorang Mimpi Basah

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar