Banjir di Semarang, KA Jakarta-Surabaya Tempuh Jalur Selatan 2 Jam Lebih Lama

  Minggu, 07 Februari 2021   Praditya Fauzi Rahman
Ilustrasi penumpang turun dari kereta api. (ayosurabaya)

GUBENG, AYOSURABAYA.COM - Akibat banjir di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), berimbas pada lumpuhnya sejumlah moda transportasi darat. Salah satunya adalah kereta api. 

Perihal tersebut, Manager Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (KAI Daop) 8 Lukman Arif mengatakan, banjir di kota Semarang menggenani Stasiun Tawang dengan ketinggian sekitar 20 cm. Imbasnya, rel kereta tak dapat dilintasi kereta api dari beberapa daerah yang hendak menuju Stasiun tersebut. 

"Akibatnya pola operasional (kereta api) berubah," bebernya saat dikonfirmasi Minggu (7/2/2021). 

AYO BACA : Mana yang Lebih Cepat Bikin Gemuk, Mi Instan atau Nasi?

Lukman menambahkan, akibat tak dapat dilintasi kereta api jarak jauh dari Surabaya menuju jakarta maupun sebaliknya, maka terpaksa harus berputar. Arus kereta diarahkan melewati jalur selatan. 

Kendati demikian, Lukman menjelaskan tak ada perubahan perihal jadwal keberangkatan, baik dari Surabaya maupun dari Jakarta. Perubahan yang terjadi hanya pada segi waktu kedatangan kereta api lantaran harus berputar melintasi jalur selatan yang mengakibatkan durasi tempuh bertambah, menjadi 2 jam. 

"Berputar melalui jalur selatan (Solo, Yogyakarta dan sejumlah stasiun lainnya), ada penambahan waktu perjalanan, sekitar 2 jam," sambungnya. 

AYO BACA : Mana yang Sebaiknya Dipilih Penderita Diabetes, Gula Merah atau Gula Putih?

Lukman memaparkan, ada beberapa jadwal KA Surabaya menuju Jakarta maupun sebaliknya sedari Sabtu (6/2/2021) sampai Minggu (7/2/2021) ini terganggu lantaran banjir itu. Antara lain, Argo Anggrek, Sembrani, sampai Harina. 

Terkait penumpang yang turun di Kota Semarang, lanjut Lukman, akan diturunkan di stasiun terdekat. Selanjutnya, para penumpang diantar dengan moda transportasi darat lain yang disediakan KAI. 

Lukman lantas memohon maaf kepada para penumpang apabila ada ketidaknyamanan atau gangguan akibat banjir itu. "Kami, dari KAI mohon maaf, atas gangguan perjalanan kereta api ini," tandasnya. 

Perlu diketahui, Banjir yang menggenangi Kota Semarang, Jateng berlangsung sejak Sabtu (6/2/2021) sampai Minggu (7/2/2021) ini. Akibatnya, aktivitas moda transportasi darat, seperti kereta api yang hendak menuju Stasiun Tawang lumpuh. 

Begitu pula dengan kereta api relasi tujuan Surabaya-Jakarta maupun sebaliknya untuk berputar menuju jalur selatan yang berdampak pada waktu tempuh yang bertambah sekitar 2 jam dari kondisi biasanya.
 

AYO BACA : Kampung Pecinan Tambak Bayan Saksi, Sejarah Perjalanan Etnis Tionghoa Surabaya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar