Imlek di Tengah Pandemi, Sembahyang di Rumah Saja

  Minggu, 07 Februari 2021   Praditya Fauzi Rahman
Perayaan imlek di Kampung Pecinan Tambak Bayan Surabaya akan berlangsung sangat sederhana. (ayosurabaya/Praditya Fauzi Rahman)

BUBUTAN, AYOSURABAYA.COM -- Akibat pandemi Covid-19, umat Konghucu yang akan merayakan imlek hanya bisa merayakannya di rumah masing –masing.

Hal itu seperti yang dialami warga Tionghoa di kampung Pecinan Surabaya.

Ketika AyoSurabaya.com mengunjungi Kampung Pecinan Tambak Bayan Surabaya, kampung tersebut tak membuat persiapan khusus seperti tahun-tahun sebelumnya. Hanya ada sekelompok anak muda yang melakukan aksi mural untuk membuat suasana Imlek sedikit berwarna.

Ketua RT02 RW.02 Tambak Bayan Tengah, Kelurahan Alun-Alun Contong, Kecamatan Bubutan Surabaya, Suseno Karja mengatakan memang tak ada perayaan khusus imlek di wilayahnya.

Menurutnya, tahun baru Imlek 2572 Kongzili kali ini dirayakan sangat sederhana.

“Persiapan khusus sih enggak, tapi ya tradisi biasa, masing-masing rumah mengadakan sembahyangan,” ujar Suseno kepada AyoSurabaya.com, Minggu (7/2/2021) pagi.

AYO BACA : Kampung Pecinan Tambak Bayan, Saksi Sejarah Perjalanan Etnis Tionghoa Surabaya

Suseno menambahkan dalam melakukan beragam kegiatan imlek, warga menerapkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, mencuci tangan, dan menggunakan masker baik saat menggambar mural maupun akan bertegur sapa satu sama lain disekitar kampung.

Suseno menjelaskan perayaan Imlek saat ini memang sangat berbeda lantaran tak ada ornamen dan kegiatan ramai seperti tahun sebelumnya. Ia menambahkan tidak ada acara pagelaran barongsai atau makan bersama.

“Kalo ibadah (massal) tidak ada. Paling dilakukan di rumah sendiri-sendiri,” pungkasnya.

Oleh karena itu, Suseno ingin agar pagebluk segera rampung. Harapannya, agar ia dan warganya beserta masyarakat lainnya bisa melakukan aktivitas normal seperti sedia kala. Bahkan, bisa melakukan ibadah dengan khidmat tanpa perlu takut dengan persebaran virus Corona tersebut.

“Harapannya ya segera cepat selesai,” harap Suseno.

 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar