Gilas Liverpool, Manchester City Menjauh dari Kejaran Tim Lainnya

  Senin, 08 Februari 2021   Andres Fatubun
Ilustrasi. (Jorono/pixabay)

LIVERPOOL, AYOSURABAYA.COM -- Manchester City melibas juara bertahan Liverpool 4-1 pada lanjutan Liga Primer Inggris pekan ke-23 di Stadion Anfield, Minggu (7/2) malam. Kemenangan ini membuat The Citizen semakin kokoh di puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan 50 poin atau selisih lima angka dengan Manchester United di posisi kedua klasemen.

City masih menyimpan satu laga sehingga memiliki peluang untuk melebarkan jarak poin dengan para pesaingnya. Sedangkan Liverpool, masih berada di posisi empat dengan 40 poin dari 23 laga.

City unggul lebih dulu melalui gol Ilkay Gundogan pada menit ke-49. Liverpool lalu membalas melalui pinalti Mohamed Salah pada menit ke-63.

The Citizens kembali unggul, lewat gol Gundogan pada menit ke-73. Liverpool semakin tertinggal, usai dua gol tambahan City yang dicetak Rahem Sterling pada menit ke-76 dan Phil Fooden menit ke-82.

Jalannya Laga
Manchester City mendominasi penguasaan bola pada 30 menit pertama. Namun Liverpool mendapatkan peluang lebih dulu pada menit 24. Trent Alexander-Arnold mengirim umpan ke kotak penalti City, dan Sadio Mane menyambut dengan sundulan. Namun bola masih terlalu tinggi dengan posisi yang ideal untuk mencetak gol.

Firmino nyaris merobek gawang City pada menit 29. Tapi tendangan first-time-nya masih ditepis kiper Ederson. Beruntung bagi City, mendapatkan hadiah penalti setelah Fabinho menjatuhkan Raheem Sterling di kotak terlarang pada menit 36. Sayang, Ilkay Gundogan yang jadi eksekutor gagal memanfaatkan peluang setelah tendangannya melambung.

Mane hampir menjebol gawang Ederson satu menit jelang laga usai. Namun sundulannya dari proses sepak pojok masih terlalu pelan. Sampai babak pertama usai, tidak ada gol tercipta dari kedua tim.

Memasuki babak kedua, City langsung tancap gas. Baru empat menit setelah istirahat, skuad asuhan Pep Guardiola itu sudah unggul 1-0 melalui aksi Gundogan. Sterling masuk dari sisi kanan setelah melewati Alexander-Arnold, yang kemudian mengoper bola ke Phil Foden, dan langsung melakukan tendangan ke gawang Alisson. Bola ditepis kiper asal Brasil tersebut, namun Gundogan mampu membayar kegagalan penaltinya dengan tendangan rebound. 1-0 untuk City.

Liverpool nyaris menyamakan kedudukan jika tendangan jarak dekat Curtis Jone tak melebar dari gawang City pada menit 58. Empat menit kemudian giliran Liverpool dapat penalti. Ruben Dias menjatuhkan Mohamed Salah setelah gagal menghalau bola. Salah yang jadi eksekutor pun sukses menaklukan Alisson, untuk mengubah skor jadi 1-1.

Keunggulan Liverpool tak bertahan lama, karena City berbalik unggul lima menit kemudian. Memanfaatkan cerobohnya barisan pertahanan the Reds, Foden memberikan umpan cut back ke Gundogan untuk mengubah skor jadi 2-1.

Alisson Becker melakukan kesalahan keduanya dalam waktu singkat. Mantan kiper Roma itu salah memberikan bola yang jatuh ke Bernardo Silva, yang langsung memberikan bola ke Sterling untuk disundul dengan mudah. 3-1 untuk City.

Tuan rumah semakin menderita, ketika Foden menambah pundi gol City lewat aksi individunya. Mendapatkan bola di sisi kanan, Foden masuk ke kotak penalti, dan melepaskan tendangan kaki kiri keras yang tak mampu dihalau Alisson. Skor 4-1 pun bertahan hingga laga usai.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar