Kopi, Salah Satu Bahan Alami yang Bisa Turunkan Risiko Diabetes

  Senin, 08 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
Kopi kaya akan manfaat, salah satunya menurunkan risiko diabetes. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Kopi, yang bermanfaat untuk menstimulus energi, juga memiliki berbagai manfaat lainnya untuk kesehatan, salah satunya menurunkan risiko diabetes.

Dilansir melalui Askmen, Senin (9/3/2020), berikut 4 manfaat kopi terhadap kesehatan:

1. Turunkan risiko diabetes tipe 2

Orang yang minum kopi dilaporkan bisa mengurangi secara signifikan risiko diabetes tipe 2 hingga hampir 23%-50%.

2. Melindungi dari Alzheimer dan demensia

Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif dan salah satu penyebab utama demensia. Penyakit ini biasanya memengaruhi orang-orang yang berusia di atas 65 tahun.

Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan pada awal kehidupan untuk mencegah penyakit ini terjadi. Makan makanan sehat dan berolahraga bisa sangat membantu. Kemudian, peminum kopi memiliki risiko hingga 65% lebih rendah terkena penyakit alzheimer.

Minum kopi membantu menstimulasi berbagai hormon yang dapat membantu mencegah Alzheimer.

3. Menurunkan risiko Parkinson

Setelah Alzheimer dan demensia, penyakit parkinson adalah penyakit neurodegeneratif kedua yang paling umum. Penyakit ini disebabkan ketika neuron otak berhenti memproduksi dopamin. Studi mengungkapkan bahwa minum kopi mengurangi kemungkinan mengembangkan parkinson 32%-60%.

4. Dapat membantu dalam memerangi depresi

Depresi adalah gangguan mental serius yang dapat memengaruhi kualitas hidup Anda. Hal ini sangat umum akhir-akhir ini karena gaya hidup yang menuntut gengsi sebagian orang.

Menurut sebuah studi oleh Universitas Harvard pada 2011, seseorang yang minum empat cangkir kopi atau lebih memiliki risiko hingga 20% lebih rendah untuk menjadi depresi dan melakukan bunuh diri.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar