8 Fakta Menarik dan Unik tentang Tahun Baru Imlek

  Selasa, 09 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Tahun Baru Imlek yang merupakan hari libur dan perayaan terbesar di Tiongkok dan sejumlah negara lainnya, memiliki fakta menarik. (Pixabay)

BEIJING, AYOSURABAYA.COM -- Tahun Baru Imlek yang merupakan hari libur dan perayaan terbesar di Tiongkok dan sejumlah negara lainnya, memiliki fakta menarik.

Berikut ini 8 fakta menarik tentang Imlek:

1. Imlek disebut festival musim semi
Walaupun dirayakan saat musim dingin, orang Tiongkok menyebut Imlek sebagai festival musim semi karena awalnya, di dalam kelender kuno matahari mereka, tanggal 4 sampai 18 Februari adalah awal musim semi.

2. Penggunaan zodiak hewan
Setiap Imlek pasti disebut dengan tahun salah satu dari 12 zodiak hewan.

3. 20% dari penduduk dunia merayakan Imlek
Penduduk dari 12 negara merayakan imlek seperti di Tiongkok, Hongkong, Macau, Indonesia, Pilipina, Malaysia, Vietnam, Korea Selatan, Taiwan, Brunei Darusallam, dan Singapura. Sebanyak 12 negara tersebut menetapkan Imlek sebagai hari libur nasional.

4. Ribuan miliar amplop merah
Amplop merah (angpau) diisi dengan uang diberikan oleh orang yang lebih tua ke orang muda, bos ke pegawainya, dan pemimpin ke masyarakatnya.

5. Saat Imlek 300 juta orang mudik
Sebelum pandemi Covid-19, sebanyak 4% penduduk dunia atau 300 juta orang melakukan perjalanan mudik. Mereka ingin merayakan Imlek di kampung halaman bersama keluarga.

6. Penggunaan kembang api paling besar sedunia terjadi saat Imlek
Tiongkok memproduksi 90% kembang api dunia dan menggunakan beberapa ton kembang api saat perayaan Imlek.

7. Festival lampion
Secara tradisional pada malam ke-15 dan hari ke-16 semenjak Imlek terdapat festival lampion. Saat festival ini lampion dipasang sebagai dekorasi hiasan, diterbangkan ke langit dan dihanyutkan ke sungai.

8. Ucapan selamat Tahun Baru Imlek
Saat imlek ucapkanlah kata Xīnnián kuàilè! yang dibaca "sshin-nyen kwhy-luh". Arti ucapan ini adalah "Selamat Tahun Baru.”

Ingin mengucapkan selamat tahun baru dengan kalimat-kalimat unik, baca di sini

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar