Ustaz Maaher Meninggal karena Disuntik Paksa? Ini Faktanya

  Selasa, 09 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
Soni Eranata atau Ustadz Maaher At-Thuwailibi semasa hidup dikabarkan meninggal setelah disuntik paksa, benarkah? [Tangkapan layar]

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Benarkah Ustaz Maaher At-Thuwabili atau Soni Eranata meninggal dunia setelah disuntik paksa?

Hal ini seiring beredarnya sebuah narasi yang menyebutkan bahwa Ustaz Maaher At-Thuwailibi atau Soni Eranata meninggal setelah disuntik paksa. Narasi tersebut beredar di media sosial dan menuai sorotan.

Akun facebook Angga Apriadi merupakan salah satu akun yang mengunggah dan mengkritik tangkapan layar yang menampilkan narasi tersebut. Narasi yang diunggah pada Senin 8 Februari 2021 tersebut berbunyi seperti ini:

Pesan Ustaz Maaher Ketika Terbaring di Ranjang

Berbagai Alasan Jenazah Ustaz Maaher Dimakamkan di Sebelah Makam Syekh Ali Jaber

"Innalillahi wa inna ilaihi Roji'uun.... Sahabat dekat Guz Ali Timor yaitu Ustadz Maaher meninggal di dalam penjara Bareskrim mabes polri...????"

"Beberapa kali tes hasil negatif, Lalu di paksa di suntik kemudian meninggal. Nanti setelah para ulama habis giliran siapa lagi nih."

Penjelasan

Setelah ditelusuri, dapat dipastikan bahwa narasi di atas adalah narasi palsu atau kabar hoaks. Narasi yang menyebut bahwa almarhum Ustaz Maaher meninggal setelah disuntik paksa tidak memiliki dasar. Faktanya, almarhum meninggal karena sakit.

Hal itu disampaikan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono. Dia menyebut belum mengetahui dengan pasti sakit apa yang diderita Ustaz Maaher.

"Soal sakitnya apa tim dokter yang lebih tahu," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Senin 8 Februari 2021.

"Enggak benar kalau disiksa. Almarhum meninggal pukul 19.30 WIB," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan, Senin 8 Februari 2021.

Kuasa hukum Ustaz Maaher juga menyampaikan penjelasan terkait penyakit yang dialami kliennya. Dia menyebut Ustaz Maaher sempat menjalani operasi usus.

"Awal beliau dioperasi ususnya itu, kira-kira 3 bulan yang lalu, nampaknya penyakit itu masih menjadi keluhan juga," kata Djuju seperti dilansir Detik.com, Senin 8 Februari 2021.

Polri Jelaskan Penyebab Meninggalnya Ustaz Maaher

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa narasi yang menyebut almarhum Ustaz Maaher meninggal setelah disuntik paksa, tidaklah berdasar. Faktanya, almarhum meninggal karena sakit. Oleh sebab itu, konten ini dapat dikategorikan sebagai konten sesat atau hoaks.

Komnas HAM Akan Dalami Penyebab Kematian Ustaz Maaher

Berbagai Alasan Jenazah Ustaz Maaher Dimakamkan di Sebelah Makam Syekh Ali Jaber

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar