Setelah Nakes, Ini Daftar Calon Penerima Vaksin Covid-19 di Jatim

  Selasa, 09 Februari 2021   Praditya Fauzi Rahman
[Ilustrasi] Usai vaksinasi terhadap nakes, Dinkes Jatim akan memprioritaskan profesi atau kelompok pemberi pelayanan publik untuk mendapatkan vaksin Covid-19 selanjutnya. Siapa saja mereka? (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

Usai vaksinasi terhadap nakes, Dinkes Jatim akan memprioritaskan profesi atau kelompok pemberi pelayanan publik untuk mendapatkan vaksin Covid-19 selanjutnya. Siapa saja mereka?

GAYUNGAN, AYOSURABAYA.COM -- Vaksinasi tahap pertama terhadap para tenaga kesehatan di Jawa Timur (Jatim) telah dilakukan, Minggu (31/1/2021). Dalam vaksinasi tersebut, ada ribuan nakes yang menjalani vaksinasi secara bertahap di masing-masing daerah di Jatim.

Namun, jatah vaksin Sinovac yang dimiliki pemerintah rupanya kurang. Hal tersebut pun dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Jatim, dr Herlin Ferliana.

Herlin menyebut, dari 230.293 nakes, hanya 185.860 yang telah divaksinasi.

8 Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 Jika Terpaksa Keluar Rumah

Meski Tak Punya Gejala Corona Covid-19, Segera Tes Jika Alami 3 Hal Ini

Kasus Covid-19 Surabaya Didominasi Klaster Keluarga, Cegah dengan Cara Ini!

"Masih ada sasaran yang kurang vaksinnya," katanya, Selasa (9/2/2021).

Jatim, kata dia, masih memerlukan 104.252 vial vaksin Sinovac untuk merampungkan vaksinasi tahap pertama kepada para nakes tersebut. Sisa vaksin yang kurang itu dibutuhkan untuk suntikan 2 kali dalam tahap pertama.

Kendati demikian, Herlin memastikan pencanangan vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Jatim hampir rampung dengan presentase pelaksanaan sekitar 90,89%.

Menurutnya, pada 3 daerah, yaitu Kabupaten Sidoarjo, Gresik, hingga Kota Surabaya tengah memasuki suntikan kedua untuk para nakes yang telah dinyatakan lolos verifikasi data sebelumnya.

5 Cara Mencegah Covid-19 Ini Keliru, Termasuk Pakai Obat Kumur

Prosedur Konfirmasi dan Persiapan Petugas Puskesmas Menjemput Jenazah Covid-19

Keluhan yang Dialami Sebagian Besar Pasien Long Covid

Dia pun berharap dalam pekan ke-3, penyuntikan vaksin asal Tiongkok itu bisa selesai.

"Semoga minggu ke-3 selesai," kata dia.

Usai vaksinasi terhadap nakes, Dinkes Jatim akan memprioritaskan profesi atau kelompok pemberi pelayanan publik untuk mendapatkan vaksin Covid-19 selanjutnya, seperti ojek online (ojol), TNI, guru, petugas PDAM, Polri, hingga wartawan.

Herlin mengatakan, pihaknya tengah mendata para profesi prioritas yang akan divaksin dalam tahap selanjutnya.

"Insyaallah, minggu ke-3 Februari (vaksinasinya)," kata Herlin.

Vaksinasi Covid-19 yang dicanangkan pemerintah akan memberi manfaat bila semakin banyak yang diimunisasi, dengan presentase wajib 70% agar kekebalan kelompok diketahui.

Di Jatim, kata dia, terdapat sekira 22,5 juta jiwa yang hendak dieksekusi oleh tenaga vaksinator. Dengan demikian, akan ada 45 juta vaksin yang akan disuntikkan.

Herlin pun berharap agar seluruh proses vaksinasi rampung sebelum target, yakni 1 tahun. "Sebelum kekebalan hilang, kita kebal semuanya. Dibuat kelompok, karena vaksinnya datang bertahap," tutur Herlin.

Hati-hati 5 Gejala Positif Covid-19 Ringan Selain Batuk dan Demam

Covid Tongue, Gejala Baru Terpapar Covid-19

Covid-19 Tanzania Melonjak, Presidennya Tidak Percaya Vaksin

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar