Tips Membuat Kue Kering untuk Penderita Diabetes

  Rabu, 10 Februari 2021   Andres Fatubun
Membuat kue kering untuk diabetes bisa dilakukan apabila bahan gula diganti dengan pemanis lain, seperti stevia. (Steve Buissinne dari Pixabay )

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Penderita diabetes tidak bisa sembaragan mengonsumi kue kering yang biasanya mengandung banyak gula. Nah bagi penderita diabetes, semua komposisi dalam kue kering ini harus diperhitungkan baik-baik agar tidak memicu naiknya kadar gula dalam darah.

Tips Membuat Kue Kering untuk Penderita Diabetes 
Agar penderita diabetes bisa ikut menikmati lezatnya penganan ini, yuk simak cara membuat atau menikmati kue kering untuk diabetes di bawah ini.

Penderita diabetes disarankan membatasi asupan makanan yang mengandung gula dan lemak jenuh. Selain banyak mengandung gula, kue kering juga mengandung mentega, susu, dan krim, yang mengandung lemak jenuh. Oleh karenanya, kue kering termasuk makanan yang perlu dihindari oleh penderita diabetes.

AYO BACA : 7 Cara Menahan Nafsu Makan demi Menurunkan Berat Badan

Namun jika memang ingin makan penganan yang satu ini, ada beberapa cara untuk membuat kue kering menjadi lebih bersahabat bagi penderita diabetes . Misalnya saja:
1. Mencampur tepung
Campur bahan tepung terigu dengan tepung gandum atau tepung bekatul untuk membuat kue kering untuk diabetes yang lebih sehat.

2. Mengganti gula pasir dengan pemanis lain
Membuat kue kering untuk diabetes bisa dilakukan apabila bahan gula diganti dengan pemanis lain, seperti stevia. Stevia merupakan pemanis alami dari ekstrak tanaman stevia. Rasanya lebih manis dari gula, namun tidak berkontribusi terhadap kenaikan gula darah.

Anda juga bisa menggunakan pemanis berbahan dasar lo han kuo. Pemanis alami yang terbuat dari ekstrak buah lo han kuo ini tidak berkalori dan juga terbukti tidak menaikkan gula darah saat dikonsumsi. Selain itu, pemanis ini juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan, misalnya sebagai antioksidan ataupun antiradang

AYO BACA : PPKM Mikro Kota Surabaya Terbagi dalam 3 Zona

3. Mengganti mentega (butter)
Tindakan lain yang dilakukan agar kue kering untuk diabetes menjadi lebih sehat adalah dengan mengganti butter dengan versi yang lebih sehat. Anda bisa mendapatkannya dengan mencampurkan margarin rendah lemak atau minyak canola ke dalam adonan agar kandungan lemak bisa dikurangi.

4. Menambah buah-buahan
Salah satu asupan yang penting untuk tercukupi oleh penderita diabetes adalah serat. Untuk menambahkan asupan serat pada kue kering, Anda bisa mencoba menambahkan beberapa jenis buah saat membuat kue kering, seperti buah beri, kelapa, atau buah kering yang rendah gula.

Hanya saja, meski dianggap lebih sehat, mengonsumsi kue kering secara berlebihan dalam satu waktu, sebaiknya tidak dilakukan karena dapat membuat gula darah meningkat.

Setelah makan kue kering untuk diabetes, jangan lupa untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan, olahraga secara teratur, minum obat untuk diabetes, dan rutin memeriksa kadar gula darah.

Dengan melihat panduan membuat kue kering untuk diabetes di atas, maka bukan hal yang mustahil bagi penderita diabetas untuk mengonsumsi penganan yang biasa tersedia saat perayaan ini. Hanya saja, demi menjaga kadar gula darah dalam tubuh, jangan sampai terlalu banyak atau kebablasan saat menikmatinya.

AYO BACA : Novel Baswedan Angkat Suara soal Meninggalnya Ustaz Maaher di Rumah Tahanan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar