Hari Ini Stasiun Indro Gresik Dibuka

  Rabu, 10 Februari 2021   Andres Fatubun
Stasiun kereta api Indro di Kabupaten Gresik. (Willy Irawan)

GRESIK, AYOSURABAYA.COM -- Stasiun kereta api Indro di Kabupaten Gresik beroperasi kembali mulai hari ini Rabu (10/2) setelah tidak aktif karena tidak adanya operasional KA yang menuju dan dari stasiun tersebut. 

Kepala Stasiun Indro, Mawan Novianto, mengatakan operasional perdana stasiun akan diawali dengan diberangkatkan KA Komuter jenis kereta rel diesel yang membawa penumpang dari Stasiun Indro menuju Stasiun Sidoarjo Kota pukul 12.40 WIB.

"Ini termasuk kereta lokal, tidak perlu dilengkapi dengan surat bebas COVID-19," kata Mawan menjelaskan di Gresik, Selasa (9/2).

Mawan mengatakan telah melakukan sejumlah perbaikan menjelang diaktifkan kembali jalur kereta api tersebut, dan ada tiga jalur rel kereta di Stasiun Indro.

AYO BACA : 7 Cara Menahan Nafsu Makan demi Menurunkan Berat Badan

"Kami sudah melakukan renovasi di Stasiun Indro, mulai dari ruang tunggu, ruang loket untuk penumpang harus menggunakan protokol kesehatan ketat, mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak dan usahakan pakai lengan panjang," kata Mawan.

Jalur kereta api di Kabupaten Gresik, kata dia, juga sudah lama tidak dioperasikan untuk mengangkut penumpang, sekitar puluhan tahun.

"Terakhir memang pada tahun 2016 jalur ini pernah dioperasikan untuk mengangkut logistik hingga Stasiun Indro. Namun, hanya bertahan satu tahun saja," katanya.

Manajer Humas Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan aktifnya kembali lintasan rel KA di Gresik merupakan bagian dari evaluasi sebelumnya yang kemudian dituangkan dalam Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2021.

AYO BACA : Daftar Lokasi dan Jam Pemadaman Listrik di Surabaya Selatan Hari Ini

"Pada Gapeka 2021, kami menambahkan lintasan baru, yaitu perjalanan KA Komuter yang menghubungkan Kota Sidoarjo dengan Kabupaten Gresik," katanya kepada wartawan.

Mantan Humas Daop III Cirebon itu menjelaskan, KA Komuter Sidoarjo-Gresik akan beroperasi sehari perjalanan atau satu kali pulang-pergi.

KA Komuter relasi Sidoarjo-Indro (KA 678 – 679), berangkat dari Stasiun Sidoarjo pada pukul 10.00 WIB dan tiba di Stasiun Indro pukul 12.11 WIB. Selanjutnya, KA Komuter relasi Indro-Sidoarjo (KA 680 – 677), berangkat dari Stasiun Indro pukul 12.40 WIB dan tiba di Stasiun Sidoarjo pukul 14.40 WIB.

Rangkaian KA Komuter terdiri dari empat gerbong/kereta jenis kereta rel diesel Indonesia (KRDI), dengan kapasitas daya angkut sesuai dengan protokol kesehatan sebanyak 186 penumpang.

Penerapan Gapeka 2021 ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Perhubungan No KP 1385 Tahun 2020 tentang Penetapan Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021 dan KP 1362 Tahun 2020 tentang Penetapan Lintas Pelayanan Perkeretaapian pada Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021.

AYO BACA : PPKM Mikro Kota Surabaya Terbagi dalam 3 Zona

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar