Hal yang Perlu Dibuktikan Calon Penerima KIP Kuliah

  Rabu, 10 Februari 2021   Andres Fatubun
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. (Kemendikbud)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, telah membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk tahun 2021. Pendaftaran tersebut dimulai 8 Februari 2021 hingga 31 Oktober 2021.

KIP Kuliah ini akan menjamin keberlangsungan kuliah dengan memberikan pembebasan biaya kuliah di perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup bulanan bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan ekonomi dan akademik.

“KIP sudah mengalami transformasi luar biasa. Bisa dirasakan di berbagai daerah, dan di tahun 2020 penerimaan KIP sudah jauh lebih baik. Tahun 2021, kita lanjutkan,” ucap Nadiem beberapa waktu lalu.

Nadiem menargetkan untuk KIP Kuliah sebanyak 1,095 juta mahasiswa dan untuk KIP Sekolah sebanyak 17,9 juta siswa. Perlu diketahui, KIP Kuliah dapat digunakan untuk program reguler (sarjana, D4, D3, dan D2) dan program profesi (dokter, dokter gigi, dokter hewan, ners, apoteker dan guru).

Dilansir dari laman Kemendikbud, adapun nantinya keterbatasan ekonomi calon penerima KIP Kuliah bakal dibuktikan dengan:
1. Kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP); atau
2. Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH) atau
3. Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau
4. Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan, atau
5. Mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil kurang atau sama pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
6. Membuktikan pendapat kotor gabungan orang tua dan wali peserta didik paling banyak Rp4 juta per bulan atau Rp750 ribu per bulan jika dibagi jumlah anggota keluarga.

Pendaftaran KIP Kuliah ini dibagi sesuai jadwal masing-masing kegiatan dengan catatan dapat berubah sewaktu-waktu. Disebutkan:
a. KIP Kuliah untuk SNMPTN dimulai 14 Februari 2021 hingga 23 Februari 2021
b. KIP Kuliah untuk SNMPN dimulai 12 Februari 2021 hingga 18 Maret 2021

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar