Imlekan di Klenteng Kim Hin Kiong Gresik Akan Berlangsung Sederhana

  Kamis, 11 Februari 2021   Andres Fatubun
Klenteng Kim Hin Kiong Gresik. (Johanes Law)

GRESIK, AYOSURABAYA.COM --  Pegelaran imlek di Klenteng Kim Hin Kiong Gresik bakal berbeda dari tahun sebelumnya. Kali ini, imlek akan digelar secara sederhana dan difokuskan ke ritual doa tolak bala.

Pegelaran imlek tanpa perayaan itu disebabkan karena masih dalam suasana pandemi Covid-19. Para jemaah yang datang pun diimbau agar sembahyang secara bergiliran.

Ketua Klenteng Kim Him Kiong Budi Prastio Tejo, mengatakan Imlek tahun ini difokuskan pada ritual-ritual minta doa. Antara lain, ritual penutup tahun, tanda terima kasih kepada kaisar langit yang akan diadakan pada Kamis malam pukul 23.00 WIB.

"Kemudian dilanjut dengan doa penutup tahun, yakni, doa tolak balak, dijauhkan dengan mara bahaya, termasuk pandemi Covid-19, bencana alam. Dari banjir hingga gunung meletus," katanya saat ditemui, Kamis (11/2/2021).

Adapun dalam proses ritual yang boleh mengikuti hanyalah pengurus inti. Sedang pengurus lain, menunggu giliran. Budi akan mengatur agar tempat ibadah tidak ramai dikunjungi.

"Kami sudah imbau kepada para jemaah di Gresik agar melakukan sembhayang pada besok Jumat secara bergiliran. Hal ini dimaksudkan supaya tidak ada perkumpulan orang dalam jumlah besar," tuturnya.

Lebih lanjut, Budi juga menjelaskan, sebelumnya segala persiapan imlek sudah digelar. Mulai dari ritual menghadap kaisar langit, hingga bersih-bersih tempat ibadah dan mencucikan patung dewa. Agenda puncaknya, ritual tutup tahun yang akan digelar nanti malam.

"Tahun Baru Imlek 2021 ini adalah tahun Kerbau Logam. Shio Kerbau terdiri dari lima elemen yaitu kayu, air, api, tanah, dan logam," jelasnya.

"Sedang filosofi kerbau sendiri merupakan binatang yang menjadi teman petani saat bekerja. Artinya dalam tahun ini, kita diwajibkan untuk bekerja keras agar terhindar dari Covid-19," katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar