Divaksin Covid-19, Bupati Banyuwangi: Tidak Ada Reaksi Apa-apa

  Kamis, 11 Februari 2021   Andres Fatubun
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mendapat suntikan vaksinasi dosis kedua. (Pemkab Banyuwangi)

BANYUWANGI, AYOSURABAYA.COM -- Pemberian vaksin Covid-19 tahap kedua mulai dilakukan di Banyuwangi. Dosis kedua ini merupakan lanjutan pemberian suntikan jatah bagi para tenaga kesehatan dan pejabat pemda beberapa waktu lalu.

Salah seorang yang mendapat suntikan vaksin jenis CoronaVac dari Sinovac ini adalah Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Pemimpin Banyuwangi yang akan purna tugas ini mendapat suntikan vaksinasi sekitar Pukul 8.30 WIB di Puskesmas Sobo.

“Badan saya sehat-sehat saja, saya tetap beraktivitas seperti biasa. Tidak mengalami reaksi apapun sesudah suntikan dosis pertama,” ungkap Anas usai disuntik, Kamis (11/2/2021).

Itu sepenggal jawaban Bupati Anas saat ditanya soal reaksi pasca suntikan pertama. Sebelumnya, Anas memang telah menerima suntikan vaksin CoronaVac dosis pertama pada 28 Januari 2021. Dosis kedua lanjutan dilakukan hari ini sebanyak 0,5 mililiter dengan jarak waktu 14 hari.

AYO BACA : KNKT Ungkap Rekaman Detik-detik Terakhir Sriwijaya Air SJ182 Sebelum Jatuh

“Sama seperti pada vaksinasi pertama, usai divaksin dosis kedua, kita harus menunggu 30 menit untuk melihat reaksi dari suntikan tersebut alias mengamati KIPI (kejadian ikutan pasca-imunisasi),” katanya.

Meski vaksinasi telah dilakukan, Anas tetap meminta agar semua pihak tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan meski sudah divaksin. Mulai dari, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Selain vaksinasi kunci kedua adalah menjaga protokol kesehatan. Hindari kerumunan, gunakan masker dengan disiplin,” jelas Anas.

Anas juga mengapresiasi Presiden Jokowi dan jajarannya yang terus berupaya mendatangkan vaksin ke Indonesia untuk kesehatan warga.

“Terima kasih kepada Pak Jokowi yang berhasil mendatangkan vaksin ke negeri ini. Itu bukanlah hal mudah, mengingat terbatasnya produksi vaksin covid 19 di dunia ini. Semoga secara bertahap, warga bisa segera mendapatkan vaksin di tahap berikutnya,” pungkas Anas.

AYO BACA : Cara Melangsingkan Tubuh untuk Usia 30-an, 40, dan 50

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar