Beragam Cara Diet Tanpa Olahraga untuk Turunkan Berat Badan

  Jumat, 12 Februari 2021   Andres Fatubun
Ilustrasi diet. (Michal Jarmoluk dari Pixabay )

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Diet tanpa olahraga ternyata dapat dilakukan. Idealnya diet dilakukan dengan cara mengurangi asupan kalori dan diimbangi dengan olahraga untuk membakar kalori.  Namun, bagi orang yang memiliki alasan kesehatan tertentu, berolahraga untuk membakar kalori dalam rangka berdiet bisa ditiadakan.

Jika memilih diet tanpa olahraga, berarti Anda harus benar-benar memerhatikan kebutuhan kalori per hari. Bahkan pengurangan kalori melalui perubahan diet, dianggap lebih efektif menurunkan berat badan daripada aktivitas fisik dan olahraga. Namun, tentu saja diet yang dikombinasikan dengan olahraga akan membantu membakar kalori lebih banyak dan penurunan berat badan tetap stabil.

Beragam Cara Diet Tanpa Olahraga
Jika Anda memilih diet tanpa olahraga, maka ada beberapa cara yang dapat anda lakukan. Berikut di antaranya menurut alodokter.com.
1. Makan lebih lambat
Jangan terburu-buru saat makan. Nikmati tiap gigitan dan kunyah perlahan-lahan. Makan dengan lambat berarti memberi kesempatan pada tubuh untuk mengirimkan sinyal ke otak bahwa lambung telah terisi penuh. Otak juga akan lebih mudah memberi sinyal jika Anda mulai makan berlebihan. Cara ini dipandang sebagai diet tanpa olahraga yang paling mudah.

2. Konsumsi protein di setiap porsi makan
Protein memungkinkan Anda untuk menahan nafsu makan dan membantu Anda merasa puas lebih lama. Penuhi kebutuhan protein Anda dengan mengonsumsi makanan sumber protein, seperti tahu, telur, produk susu, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak.

AYO BACA : 5 Jenis Olahraga yang Cepat Menurunkan Berat Badan

3. Makan lebih banyak sayuran
Serat dan air yang ada pada sayuran dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Serat dan air akan membuat Anda merasa kenyang dengan kalori yang lebih sedikit dibanding makanan lain.

4. Tidur cukup
Menambah waktu tidur pada malam hari agar kebutuhan akan istirahat tercukupi, dapat membantu diet tanpa olaharaga. Hal ini dikarenakan kekurangan waktu tidur, bersama dengan stres, dapat meningkatkan nafsu makan sekaligus berat badan. Selain itu, kondisi kurang tidur juga dapat memicu Anda mengonsumsi makanan tidak sehat yang dapat meningkatkan berat badan.

5. Minum air putih yang cukup
Minum cukup air putih dapat membantu menurunkan berat badan, terutama jika Anda minum air putih sebelum makan, karena dapat membantu Anda lebih cepat kenyang. Selain itu, ganti minuman manis dengan air mineral, agar kalori yang masuk tidak berlebihan.

Diet tanpa olahraga pada dasarnya mudah dilakukan, asalkan Anda mengetahui caranya. Selain itu, Anda juga dituntut untuk disiplin melakukannya demi mencapai hasil yang maksimal. Akan tetapi, sebaiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter gizi mengenai cara diet tanpa olahraga yang sesuai dengan kondisi Anda.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar