Tingkatkan Kekebalan Tubuh dengan 7 Makanan Alami Ini

  Jumat, 12 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
Pepaya, salah satu makanan alami yang kaya vitamin C, baik untuk kekebalan tubuh dan kesehatan jantung. (Pixabay)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Sejumlah makanan alami memiliki kandungan vitamin C tinggi. Bahkan banyak yang kadarnya lebih dari jeruk. Vitamin C sendiri salah satunya berfungsi menyehatkan jantung. Lantas apa saja makanan alami yang mengandung vitamin C dengan kadar tinggi?

Melansir Alodokter.com, setiap orang, baik anak-anak, orang dewasa, hingga ibu hamil dan menyusui, perlu mencukupi kebutuhan vitamin C setiap hari. Hal ini karena vitamin C memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit, antara lain:

Daftar Makanan Sehat yang Murah Meriah, Cocok saat Pandemi Corona

Sering Salah, Begini 8 Cara Masak Sayur agar Gizinya Tak Rusak

6 Tanda Kekebalan Tubuh Melemah, Termasuk Lelah Terus

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu proses pemulihan. Berbagai keluhan seperti batuk dan pilek ternyata dapat dicegah dengan mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh, terutama saat kelelahan atau ketika akan melakukan aktivitas berat. Vitamin C pun disebut baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit demam berdarah.
  2. Sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga menghambat risiko penuaan dini, perjalanan penyakit kanker, dan penyakit jantung.
  3. Vitamin C untuk kulit berperan dalam produksi kolagen, yakni protein yang dibutuhkan untuk membantu proses penyembuhan luka, mencegah keriput, memperlambat proses penuaan, juga mampu menjaga keremajaan dan mencerahkan kulit.
  4. Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan dan membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik untuk melindungi tubuh dari penyakit.
  5. Beberapa hasil penelitian meyakini bahwa vitamin C dapat membantu merawat kesehatan tulang rawan, tulang, dan gigi. Dan juga menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga bisa mencegah serangan jantung dan stroke. Vitamin C juga dipercaya dapat mencegah katarak dan penyakit empedu.

Meskipun makan sehat dan berolahraga adalah cara terbaik untuk menjaga diri Anda tetap bugar, namun suplemen seperti Vitamin C juga dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan kekebalan.

5 Manfaat Susu Unta yang Menyehatkan, Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

3 Jenis Herba yang Dipercaya Memperkuat Daya Tahan Tubuh

3 Cara Mengolah Sambiloto, Obat Alami Tingkatkan Imun Tubuh saat Pandemi Covid-19

Melansir dari Times of India, berikut ini daftar makanan yang mengandung vitamin C tinggi.

1. Pepaya

Studi menunjukkan bahwa makan pepaya dapat meningkatkan pencernaan Anda, mencerahkan kulit, membersihkan sinus dan memperkuat tulang Anda.Satu cangkir pepaya memiliki 88,3 mg vitamin C.

2. Stroberi

Satu cangkir stroberi mengandung sekitar 87,4 mg vitamin C. Tidak hanya itu, stroberi memberi Anda folat dan senyawa lain yang meningkatkan kesehatan jantung.

3. Kembang Kol

Baik dipanggang atau dikukus, makan kembang kol memberi Anda 127,7 mg vitamin C bersama dengan 5 gram serat dan 5 gram protein.

5 Penyebab Keguguran Berulang dan Cara Menghindarinya

7 Kondisi Wanita yang Rentan Mengalami Keguguran

4 Mitos Penyebab Keguguran

4. Nanas

Nanas mengandung bromelain, enzim pencernaan yang membantu memecah makanan dan mengurangi kembung. Bromelain bertindak sebagai agen antiinflamasi alami yang membantu Anda pulih lebih cepat setelah olahraga yang berat. Satu porsi nanas mengandung 78,9 mg vitamin C.

5. Brokoli

Brokoli memiliki khasiat pencegah kanker. Satu porsi sayuran silangan ini memiliki 132 mg vitamin C dan serat.

6. Mangga

Mangga kaya akan vitamin C di mana satu mangga berukuran sedang mengandung sekitar 122,3 mg vitamin C.

7. Paprika merah

Paprika merah rendah kalori dan kaya akan berbagai nutrisi. Dalam 100 gram paprika merah mengandung sekitar 127,7 mg vitamin C.

Puluhan Santri di Jember Pingsan usai Disuntik Vaksin Sinovac?

Asap Batok Kelapa Jadi Obat Covid-19? Ini Penjelasannya

Campuran Jeruk Nipis, Madu, dan Air Kelapa, Jadi Obat Alami Covid-19?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar