Diabetes & 4 Penyakit Ini Tingkatkan Risiko Infeksi Ulang Covid-19

  Jumat, 12 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Diabetes & 4 Penyakit Ini Tingkatkan Risiko Infeksi Ulang Covid-19. (Pixabay)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Sejumlah penyakit, salah satunya diabetes, dikabarkan dapat meningkatkan risiko infeksi ulang virus corona Covid-19.

Kekebalan tubuh memengaruhi tingkat keparahan seseorang terinfeksi virus corona Covid-19. Bahkan seseorang belum pasti memiliki kekebalan yang kuat setelah terinfeksi virus corona Covid-19.

Beberapa orang justru mengalami infeksi ulang virus corona dalam waktu kurang dari 50 hari.

Ampuh Cegah Corona, Perokok Aktif Lebih Aman dari Covid-19?

Vaksin Covid-19 Dipasangi Chip 5G?

PSBB Jawa-Bali Diperpanjang hingga 28 Maret 2021?

Hingga saat ini belum ada cukup bukti klinis untuk menunjukkan lamanya seseorang memiliki kekebalan alami terhadap virus corona Covid-19.

Meski begitu, risiko infeksi ulang harus dipertimbangkan. Para ahli memercayai bahwa kondisi kesehatan tertentu bisa membuat orang lebih rentan terhadap infeksi ulang virus corona Covid-19.

Risiko ini disebabkan oleh kekebalan yang lemak dan gangguan fungsi vital. Sebuah studi oleh British Medical Journal (BMJ) menemukan bahwa orang dengan penyakit penyerta memiliki risiko lebih tinggi infeksi ulang virus corona, baik yang lebih ringan atau parah.

Dilansir dari Times of India, beberapa orang dengan penyakit penyerta ini harus berhati-hati dengan infeksi ulang virus corona Covid-19.

8 Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 Jika Terpaksa Keluar Rumah

Meski Tak Punya Gejala Corona Covid-19, Segera Tes Jika Alami 3 Hal Ini

Kasus Covid-19 Surabaya Didominasi Klaster Keluarga, Cegah dengan Cara Ini!

1. Diabetes

Diabetes tipe 1 dan tipe 2 termasuk komorbiditas terbesar yang bisa memperburuk risiko seseorang terkena virus corona Covid-19. Pasien memiliki risiko lebih tinggi untuk terinfeksi virus corona, karena peningkatan infeksi kulit, kekebalan tubuh lemah dan rentan terhadap penyakit lain.

Para peneliti juga mengamati bahwa pasien diabetes yang terinfeksi virus corona memiliki kekebalan yang berkurang lebih cepat. Sehingga mereka lebih rentan untuk terinfeksi ulang.

2. Masalah penyakit terkait dengan usia

Orang yang berusia di atas 55 tahun mengalami kekebalan yang lemah, sehingga mereka lebih rentan terhadap virus corona Covid-19. Penelitian menemukan lansia yang memiliki komorbiditas juga berisiko tinggi terinfeksi virus corona lebih dari sekali.

3. Tiroid

Tiroid adalah penyakit lain yang bisa memengaruhi fungsi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko virus corona Covid-19. Tiroid yang terlalu aktif terkadang bisa menekan fungsi sistem kekebalan, sehingga membuat seseorang lebih rentan terkena penyakit.

Hormon disfungsional juga berarti bahwa kemampuan tubuh Anda untuk melawan infeksi dan patogen lain terganggu. Karena itu, mereka yang memiliki masalah hormonal dan tiroid perlu hari-hati dengan risiko infeksi ulang virus corona.

5 Cara Mencegah Covid-19 Ini Keliru, Termasuk Pakai Obat Kumur

Prosedur Konfirmasi dan Persiapan Petugas Puskesmas Menjemput Jenazah Covid-19

Keluhan yang Dialami Sebagian Besar Pasien Long Covid

4. Obesitas

Tingkat obesitas yang tinggi menurunkan sistem pertahanan alami tubuh, sehingga meningkatkan risiko orang terinfeksi virus corona. Orang obesitas lebih mungkin mengalami komplikasi parah dan mematikan.

Obesitas meningkatkan peradangan dalam tubuh dan merusak fungsi vital yang membuat sistem kekebalan lebih sulit, terutama setelah pemulihan.

Studi yang lebih baru juga menemukan bahwa vaksin Covid-19 mungkin tidak memberikan hasil yang diharapkan penderita obesitas. Karena itu, mereka berisiko mengalami infeksi ulang akibat virus corona.

5. Penyakit pernapasan

Virus corona adalah patogen yang menyebabkan kerusakan maksimum pada sistem pernapasan. Sementara itu, pemulihan usai infeksi virus corona bisa merusak sistem pernapasan, meningkatkan risiko infeksi pernapasan dan gangguan kekebalan tubuh.

Karena itu, mereka berisiko mengalami infeksi ulang virus corona dan komplikasi bagi orang yang mengalami gangguan pernapasan.

Hati-hati 5 Gejala Positif Covid-19 Ringan Selain Batuk dan Demam

Covid Tongue, Gejala Baru Terpapar Covid-19

Covid-19 Tanzania Melonjak, Presidennya Tidak Percaya Vaksin

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar