Cara Mencegah Batu Ginjal, Sehari Harus Minum Berapa Gelas?

  Sabtu, 13 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Jika asupan air kurang, seseorang berisiko terkena batu ginjal. (Freepik)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Jika asupan air kurang, seseorang berisiko terkena batu ginjal.

Disampaikan dr Aida Lydia, PhD., Sp.PD-KGH, Ketua Umum PB Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PB PERNEFRI), dilansir dari Suara.com, penyakit batu ginjal merujuk pada adanya endapan batu di bagian ginjal atau saluran kandung kemih.

Ini Gejala dan Penyebab Gagal Ginjal

Batu mengendap di ginjal, biasanya, disebabkan oleh faktor genetik, asam urat yang tinggi, hingga kurang konsumsi air minum.

"Kurang minum memang pemicu terbentuknya endapan batu di ginjal. Tapi bukan berarti kurang minum langsung kena batu ginjal. Itulah uniknya ilmu kedokteran. Tidak bisa dihitung seperti ilmu matematika. Tapi faktor risiko memang kurang minum," ujar dr Aida.

Dijual Bebas, Obat dan Suplemen Ini Bisa Rusak Ginjal, Hati-hati!

Aida menambahkan, kebutuhan rata-rata konsumsi air manusia adalah delapan gelas. Namun pada orang dengan aktivitas yang berat, konsumsi air yang harus dicukupi dalam sehari pun bertambah. Pun dengan orang yang memiliki berat badan tertentu, maka kebutuhan air juga harus disesuaikan.

"Kebutuhan rata-rata delapan gelas. Tapi kalau olahraga banyak berkeringat kebutuhan bertambah. Kalau orangnya kecil mungkin butuhnya jadi lebih sedikit," kata dia.

4 Makanan Enak Ini Jadi Penyebab Gagal Ginjal, Sering Dimakan?

Jangan Sepelekan, Ini Khasiat Air Putih untuk Otak dan 3 Manfaat Lainnya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar