6 Cara Diet dan Kecilkan Perut Usai Melahirkan, Termasuk Menyusui

  Sabtu, 13 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Menyusui, salah satu cara agar berat badan kembali normal seperti sbelum menikah. (Unsplash/Ksenia Makagonova)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Jika badan masih besar dan perut masih besar setelah melahirkan, sebaiknya Anda jangan diet ekstrem karena akan berpengaruh kepada bayi. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Melansir The Asiant Parent, berikut ini cara untuk bisa mengecilkan perut usai melahirkan.

1. Menjalankan Pola Makan Sehat

Usahakan untuk mulai mengonsumsi makanan dengan lemak yang rendah, seperti biji-bijian atau kacang-kacangan. Jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

Jika ingin mengonsumsi susu, pilih susu rendah lemak. Selain itu, hindari makanan camilan yang berminyak, minuman bersoda, atau makanan ringan seperti keripik.

Hindari juga berbagai minuman kemasan serba manis yang tersedia di berbagai minimarket di dekat rumah. Minuman manis dalam kemasan memiliki kalori tinggi dan membawa sejumlah dampak buruk bagi kesehatan.

Ingin Masa Depan Anak Cerah? Ini Tip dari Psikolog untuk Orang Tua

2. Menyediakan Camilan Sehat

Camilan memang menjadi godaan yang sangat berat. Apalagi, di masa menyusui Anda akan merasa lebih sering lapar. Nah, supaya masih bisa tetap ngemil, ganti camilan tak sehat seperti keripik dengan camilan yang lebih sehat. Anda bisa sediakan di rumah berbagai makanan sehat seperti roti gandum, buah-buahan, sereal gandum, dan sayuran untuk dibikin salad.

Selain itu, Anda juga bisa menyediakan yoghurt di rumah untuk memenuhi keinginan minum minuman manis. Yoghurt mengandung kalsium yang sangat baik untuk tubuh dan dapat membantu penurunan berat badan.

Jangan Lakukan! 5 Cara Mengetahui Jenis Kelamin Bayi Ini Keliru

3. Menyusui

Menyusui bisa membantu menurunkan berat badan. Itu karena setiap kali Anda menyusui, tubuh bisa membakar sekitar 500-700 kalori per hari. Luar biasa, kan?

Itu sebabnya, selama menyusui, Anda tidak perlu mengurangi asupan kalori harian. Anda cukup mengganti makanan tidak sehat dengan makanan yang lebih kaya nutrisi agar kualitas ASI juga semakin baik.

Ingin Janin Pintar? Ibu Hamil Harus Rutin Lakukan 5 Hal Ini

4. Berolahraga

Berolahraga usai melahirkan memang jadi dilema. Kondisi tubuh yang masih terasa sangat lelah, ditambah dengan pola tidur bayi yang masih belum teratur, membuat olahraga menjadi aktivitas yang tidak bisa diprioritaskan.

Akan tetapi, ketika tubuh sudah mulai siap, sebaiknya segera lakukan olahraga karena bisa membuat tubuh Anda lebih segar dan bugar. Meskipun berat, lakukan olahraga secara perlahan dengan melakukan olahraga ringan, seperti latihan dasar untuk panggul dan otot perut.

5. Ajak Bayi Jalan-jalan ke Luar Rumah

Jika Anda merasa belum bisa meluangkan waktu untuk olahraga dengan alasan tak bisa meninggalkan bayi, jalan-jalan bersama bayi bisa jadi pilihan yang paling bagus dan efisien. Gendong bayi Anda dan ajak dia jalan-jalan keliling lingkungan rumah di pagi hari, setidaknya selama setengah sampai satu jam.

Olahraga ringan semacam ini sangat bagus untuk dilakukan. Selain menyenangkan, juga sekaligus membantu menguras kalori yang ada di dalam tubuh. Jalan-jalan sambil menggendong bayi seperti ini bisa membakar sebanyak 400 kalori. Jangan lupa untuk menjaga asupan makan dan mengurangi camilan tidak bergizi.

ASI Tidak Keluar? Ini Posisi Menyusui yang Benar agar Bayi Dapat Banyak ASI

6. Meluangkan Waktu untuk Tidur Siang

Siklus tidur yang tidak teratur saat menjadi ibu baru bisa mengganggu metabolisme tubuh sehingga Anda menjadi lebih sulit untuk menurunkan berat badan. Tidur siang menjadi salah satu solusi untuk bisa menurunkan berat badan pascamelahirkan.

Dengan terbiasa tidur siang, Anda jadi tidak lagi memiliki waktu untuk mengonsumsi camilan tinggi gula untuk meningkatkan energi. Selain itu, tidur siang juga membantu Anda yang menyusui untuk memiliki energi tambahan melakukan aktivitas harian.

Itulah 6 tips yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan dan mengecilkan perut usai melahirkan. Hal penting yang perlu diingat adalah jangan melakukan diet tidak masuk akal sehingga bisa mengganggu proses menyusui dan kesehatan tubuh, ya.

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar