Daftar Olahraga yang Baik & Buruk bagi Penderita Darah Tinggi

  Sabtu, 13 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
Bersepeda, salah satu olahraga yang disarankan bagi penderita darah tinggi. (Ayobandung.com)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Sejumlah olahraga bisa dilakukan penderita darah tinggi. Namun, beberapa jenis olahraga justru harus dihindari jika tidak ingin ada serangan jantung.

Melansir dari Express, hipertensi memicu tekanan berlebih pada pembuluh darah dan organ vital lain. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti stroke hingga serangan jantung.

Olahraga pada umumnya bisa membantu mengontrol tekanan darah, namun tidak dengan angkat beban. Menurut Blood Pressure Inggris, angkat beban menjadi olahraga yang buruk bagi penderita hipertensi.

Cara Alami Kontrol Darah Tinggi dengan Air Jahe, Ikuti Caranya

Mau Diet? Teh Jahe Cepat Turunkan Berat Badan, Begini Cara Buatnya

Teh Jahe Resmi Jadi Obat Alami yang Bisa Atasi Covid-19?

Aktvitas angkat beban memicu tekanan yang tidak perlu pada jantung dan pembuluh darah. Hal ini yang bisa menyebabkan lonjakan tekanan darah.

"Jenis olahraga dan aktivitas yang berbeda memiliki efek yang berbeda pada tubuh Anda, jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, maka cobalah untuk fokus pada aktivitas yang akan membantu jantung dan pembuluh darah Anda," tulis Blood Pressure Inggris.

"Dalam hal ini Anda tidak boleh melakukan olahraga yang sangat intensif dalam waktu singkat, seperti lari cepat atau angkat beban. Kegiatan semacam ini akan dengan cepat meningkatkan tekanan darah dan memberikan tekanan yang tidak diinginkan pada jantung dan pembuluh darah," katanya.

Manfaat Teh untuk Diet, Otak, Diabetes, dan Jantung

Seks Pagi Hari Bikin Bercinta di Ranjang Lebih Lama, Ini Penjelasannya

Ini Waktu Terbaik untuk Minum Susu, Ternyata Bukan Pagi Hari

Sementara itu, aktivitas terbaik untuk penderita tekanan darah adalah olahraga aerobik. Olahraga ini melibatkan semua kelompok otot besar yang dilakukan berulang dan berirama. Berenang, joging, dan bersepeda adalah contoh aktivitas aerobik terbaik bagi penderita hipertensi.

Darah tinggi sendiri akan menimbulkan berbagai gejala, seperti jantung berdebar-debar, urine berdarah, dan sakit kepala parah.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar