13 Makanan Alami Ini Ampuh Cegah Diabetes, Termasuk Apel

  Senin, 15 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Apel, salah satu makanan yang dapat mencegah diabetes. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM — Sejumlah makanan alami dapat mencegah diabetes, salah satunya apel. Diabetes yang tidak segera diobati dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, gagal ginjal kronis, gangguan penglihatan, katarak, dpresi, gangguan pendengaran, luka dan infeksi pada kaki yang sulit sembuh, kerusakan kulit akibat infeksi bakteri dan jamur, termasuk bakteri pemakan daging.

Adapun gejala diabetes antara lain sering buang air kecil, haus, dan nafsu makan berlebihan.

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat mengurangi risiko diabetes.

Waspadai Perbedaan Mengantuk Akibat Diabetes dan Mengantuk Biasa

3 Penyakit yang Bisa Diatasi oleh Sarang Burung Walet

4 Gangguan Kesehatan Akibat Mengonsumsi Softdrink secara Berlebihan

Berikut 13 makanan yang bisa mencegah risiko diabetes menurut para ahli seperti dikutip Boldsky, Senin (15/2/2021):

1. Benih Chia

Benih chia merupakan makanan ajaib yang bisa menjaga kadar gula darah terkontrol dengan baik. Dikenal kaya akan kalsium, serat, persentase protein, dan mangan yang tinggi, biji chia menawarkan banyak nutrisi dalam kemasan kecil.

Konsumsi chia secara teratur dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan.

Selain itu, asam lemak omega 3 yang ditemukan pada biji chia juga hebat dalam menurunkan kolesterol, yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

2. Yoghurt

Yoghurt, yang rendah karbohidrat, memiliki manfaat bagi penderita diabetes. Yoghurt pada umumnya bermanfaat untuk menjaga berat badan dan tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

Mengonsumsi porsi yoghurt rendah lemak harus dijadikan bagian dari diet seimbang, sehingga bisa mengendalikan kadar gula darah.

8 Tanaman Alami untuk Mengobati Diabetes

Sering Kencing, Bisa Jadi Tanda Hamil atau Diabetes

5 Makanan Alami yang Ampuh Turunkan Gula Darah

3. Kacang Panjang

Penderita diabetes harus mengonsumsi kacang panjang. Kacang panjang membantu menekan kadar gula darah lebih baik daripada makanan bertepung lainnya.

4. Kacang Polong

Jika Anda belum mengonsumsi kacang polong, cobalah memasukkan jenis makanan ini ke dalam daftar makanan Anda. Makanan yang kaya akan kacang-kacangan bisa mengurangi kolesterol, kanker, dan memperbaiki kontrol glukosa darah. Hal ini mencegah terkena diabetes.

5. Stroberi

Stroberi merupakan buah yang terbaik untuk diet diabetes, karena rendah indeks glisemik. Stroberi mengandung fruktosa yang tidak membutuhkan insulin untuk dimetabolisme, karena cenderung ditoleransi dengan baik.

5 Buah-buahan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

5 Makanan yang Meningkatkan Gula Darah Selain Makanan yang Manis

Mana yang Sebaiknya Dipilih Penderita Diabetes, Gula Merah atau Gula Putih?

6. Biji labu

Biji labu mengandung 143 kalori dan 17 gram karbohidrat sehingga mampu mencegah diabetes. Mengonsumsi biji labu mengurangi hasrat tidak sehat dan terlalu banyak makan. Ini meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk merespons insulin.

7. Beras merah

Beras putih bisa membuat gula darah melonjak, jadi pastikan untuk menggantinya dengan beras merah. Mengonsumsi nasi merah mengurangi risiko diabetes hingga hampir 15%. Apalagi mengganti nasi dengan biji-bijian lain bisa mengurangi atau mencegah diabetes sebesar 35%.

8. Asparagus

Dikenal sebagai sayuran yang populer, asparagus bisa menjaga diabetes. Asupan asparagus yang tinggi memiliki efek yang cukup besar untuk menjaga tingkat gula darah terkendali dan produksi insulin tubuh.

9. Apel

Tidak dapat disangkal buah seperti apel merupakan bagian penting dari makanan untuk semua orang. Buah ini untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2 jika dikonsumsi sesering mungkin. Orang yang makan apel setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 27% dibanding mereka yang tidak memakannya.

5 Kebiasaan yang Tingkatkan Tekanan Darah Tinggi, Sering Dilakukan?

6 Buah Penurun Darah Tinggi yang Perlu Dikonsumsi

4 Jenis Makanan Pantangan bagi Penderita Darah Tinggi

10. Jelai

Jelai merupakan biji-bijian kuno yang merupakan yang pertama dibudidayakan oleh manusia dan yang menariknya masih dianggap sehat. Ini memiliki serat larut, yang pastinya lebih baik daripada beras merah. Ini mencegah diabetes dengan cepat.

11. Kurma

Kadar gula darah tidak meningkat jika penderita memakan kurma, karena memiliki indeks glikemik yang sehat.

12. Kenari

Wanita yang mulai mengkonsumsi 28 gram kantung kenari memiliki peluang lebih rendah terkena diabetes.

13. Biji rami

Biji rami telah ada sebagai makanan dan obat-obatan selama lebih dari seratus tahun. Hal ini dianggap sebagai salah satu makanan kuat di planet ini. Ini memiliki banyak manfaat kesehatan yang diakui seperti mengelola untuk mengurangi risiko diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Sedang Diet? Jangan Lakukan Hal-hal Sepele yang Bikin Berat Badan Naik Ini!

5 Minuman Segar Ini Bantu Diet Cepat dan Sehat

4 Kebiasaan di Pagi Hari ini Bikin Berat Badan Naik, Diet Bisa Gagal!

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar