Lebih Sehat Mana, Jahe atau Kunyit?

  Rabu, 17 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
Lebih Sehat Mana, Jahe atau Kunyit? (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Jahe dan kunyit termasuk rempah-rempah yang kaya manfaat untuk kesehatan. Bahkan jahe dapat membantu menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah tinggi, hingga mencegah kolesterol.

Jahe dan kunyit sering digunakan sebagai obat-obatan tradisional.

Kedua rempah-rempah ini memiliki sifat antiinflamasi kuat dan kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Jahe dan kunyit merupakan rimpang yang berasal dari keluarga Zingiberaceae.

Cara Alami Kontrol Darah Tinggi dengan Air Jahe, Ikuti Caranya

Mau Diet? Teh Jahe Cepat Turunkan Berat Badan, Begini Cara Buatnya

Teh Jahe Resmi Jadi Obat Alami yang Bisa Atasi Covid-19?

Namun, manakah antara kunyit dan jahe yang paling banyak untuk kesehatan kita?

Jahe

Jahe mengandung banyak senyawa bioaktif dan nutrisi yang bermanfaat untuk otak dan tubuh. Jahe mengandung gingerol dan cukup kuat untuk mengatasi penyakit.

Jahe juga mengandung magnesium, vitamin C, vitamin B6, fosfor, tembaga, besi, kalsium dan seng dalam jumlah kecil.

Manfaat jahe, mulai mengobati berbagai bentuk mual, mengurangi rasa sakit dan nyeri otot, mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan kolesterol, hingga meningkatkan fungsi otak.

7 Makanan Sehat untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Bunga Pepaya dan Cara Mengolahnya

4 Gangguan Kesehatan Akibat Mengonsumsi Softdrink secara Berlebihan

Jika Anda ingin meningkatkan pencernaan, campurkan irisan tipis jahe dengan garam dan jus jeruk nipis sebelum dan sesudah makan. Jahe juga bisa meningkatkan nafsu makan.

Khusus mengobati batuk dan pilek, Anda bisa membuat jus jahe dengan campuran daun kemangi dan madu yang ampuh untuk mengobati penyakit ini.

Kunyit

Kunyit merupakan sumber zat besi dan mangan yang sangat baik. Rempah-rempah ini juga mengandung vitamin B6, serat makanan, tembaga dan kalium.

Kunyit juga memiliki fitronutriun, termasuk curcumin, demethoxycurcumin, tumerone dan tumenorol. Curcumin adalah senyawa anti-inflamasi alami dalam kunyit.

Curcumin sebagai bahan aktif utama dalam kunyit memiliki efek anti-inflamasi kuat dan antioksidan yang kuat. Namun, kandungan curcumin dalam kunyit hanya sekitar 3 persen.

Adapun manfaat kesehatan dari kunyit, seperti menurunkan risiko penyakit otak, mencegah dan mengobati kanker, mengatasi depresi, menunda penuaan, memperlancar sirkulasi darah hingga detoksifikasi hati.

Sedang Diet? Jangan Lakukan Hal-hal Sepele yang Bikin Berat Badan Naik Ini!

5 Minuman Segar Ini Bantu Diet Cepat dan Sehat

4 Kebiasaan di Pagi Hari ini Bikin Berat Badan Naik, Diet Bisa Gagal!

Jika Anda ingin membangun kekebalan tubuh, cukup campurkan kunyit ke dalam susu hangat untuk mengobati pilek sekaligus membangun kekebalan tubuh.

Anda juga bisa menggunakan kunyit sebagai perawatan kecantikan wajah, baik sebagai cuci muka, masker wajah, masker rambut dan lainnya.

Jadi, lebih baik mana antara jahe dan kunyit, itu semua tergantung pada kebutuhan tubuh. Karena, keduanya adalah rempah-rempah yang sama-sama kuat dalam manfaat kesehatannya. Namun, kunyit memiliki keunggulan dalam masalah kecantikan.

Ingin Diet? 7 Minuman Enak, Segar, dan Alami Ini Ampuh Usir Lemak Perut

Agar Diet Sukses, 4 Hal Ini Jangan Dimakan usai Pukul 4 Sore

Menu Diet Sehat, Rutin Sarapan 2 Telur Bisa Turunkan Berat Badan

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar